nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Butuh Perjuangan Berdamai dengan Penyakit Bipolar, Ini 5 Tips Menghadapinya

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Jum'at 21 September 2018 14:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 21 481 1953647 butuh-perjuangan-berdamai-dengan-penyakit-bipolar-ini-5-tips-menghadapinya-Q0gdmKDXG8.jpg Bipolar (Foto: Netdoctor)

PERNAHKAH Anda mendengar istilah bipolar? Gangguan bipolar adalah penyakit mental kronis yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang parah pada pengidapnya. Suasana hati ini berubah secara ekstrem antara kegembiraan yang energik (mania) dan kesedihan yang sangat sedih (depresi).

Gejala-gejala depresi tersebut dapat membuat Anda kehilangan minat dalam melakukan kegiatan yang biasanya Anda nikmati. Tetapi ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk melawan efek negatif dari depresi tersebut. Dilansir dari Healthline, Jum’at (21/9/2018), berikut adalah cara menangani gejala-gejala depresi yang dialami oleh penderita bipolar.

 BACA JUGA:

Bangun Kepercayaan, Bukan Melacak Anak dengan Aplikasi Smartphone

Tetaplah berpegang pada rutinitas yang sehat

Ketika Anda merasa tertekan, hal tersebut mungkin dapat mendorong Anda melakukan hal-hal buruk yang dapat merugikan diri Anda. Anda mungkin tidak ingin makan bahkan jika lapar sekalipun, atau Anda dapat terus makan bahkan jika kenyang sekalipun.

Hal yang sama berlaku juga untuk tidur. Ketika Anda depresi, Anda cenderung kurang tidur atau justru sebaliknya, Anda tidur terus menerus. Kebiasaan makan dan tidur yang tidak sehat dapat membuat gejala depresi menjadi lebih buruk.

Jadi, jika Anda tetap berpegang pada rutinitas yang sehat sehari-hari, hal tersebut dapat membuat Anda lebih bisa mempertahankan kebiasaan yang baik.

Strukturkan hari

Akan sangat membantu bila Anda membuat daftar kegiatan harian. Hal ini juga berguna untuk membantu Anda agar tetap di dalam jalur hidup yang baik dan juga sehat. Saat membuat jadwal harian, jangan lupa untuk menyisipkan cukup waktu untuk beristirahat dan bersantai. Karena terlalu sibuk juga dapat memperparah gejala depresi dan menyebabkan frustasi.

 

Jangan takut

Ketika Anda sedang dalam suasana hati yang buruk, Anda mungkin dapat menemukan kesenangan dalam aktivitas tertentu misalnya seperti membaca buku atau menonton film. Ketika Anda merasa tertekan, Anda mungkin cenderung untuk memilih tidak melakukan apapun.

Meskipun rasa tertekan itu membuat Anda lesu, penting untuk terus melakukan kegiatan yang biasanya Anda nikmati guna menaikkan mood Anda. Melakukan hal-hal yang Anda sukai dapat meringankan gejala depresi Anda.

Jangan takut untuk melakukan aktivitas yang biasanya dapat meningkatkan mood. Meskipun mungkin Anda takut tidak bisa menikmatinya ketika merasa tertekan, namun bukan berarti Anda harus menghindarinya. Mungkin malah dengan melakukannya, Anda akan merasa jauh lebih baik dibanding tidak melakukan apapun sama sekali.

Tetap aktif

Para peneliti percaya bahwa beberapa jenis olahraga dapat membantu meringankan gejala depresi. Olahraga tersebut termasuk berjalan kaki, jogging, atau bersepeda dengan intensitas yang rendah hingga sedang. Untuk hasil terbaik, para ahli mengatakan bahwa Anda harus berolahraga setidaknya 3 hingga 4 hari dalam seminggu selama 30 hingga 40 menit setiap kalinya.

 BACA JUGA:

Agatha Suci Berbagi 4 Tips agar Sepatu Awet dan Nyaman Dipakai

Jangan mengisolasi diri

Ketika Anda merasa tertekan, mungkin Anda akan merasa sendirian padahal sebenarnya sedang berada di tengah keramaian. Namun, hal penting yang harus Anda ingat adalah jangan isolasi diri Anda. Justru sendirian dapat meningkatkan gejala depresi.

Terlibat dalam kegiatan sosial seperti komunitas-komunitas tertentu dapat membantu Anda meringankan depresi yang dirasakan. Habiskan waktu bersama teman dan keluarga atau mengobrol dengan mereka secara teratur meskipun hanya melalui telpon. Memiliki dukungan dari teman dan orang terkasih dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan juga lebih percaya diri.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini