Heboh Kasus Stroberi Australia Berisi Jarum, Ini yang Terjadi jika Sampai Tertelan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 21 September 2018 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 21 481 1953849 heboh-kasus-stroberi-australia-berisi-jarum-ini-yang-terjadi-jika-sampai-tertelan-kmH5iEgWXx.jpg Stroberi jarum Australia (Foto: News.com)

KASUS jarum dalam stroberi sempat ramai di Australia. Pemberitaan menjelaskan bahwa seluruh stroberi yang dipanen di Australia mengandung jarum di dalamnya!

Hal ini tentunya membahayakan banyak orang, apalagi jika buah tersebut sampai masuk ke Indonesia. Tapi, seberapa bahayakah jika memang sialnya Anda menelan jarum ini? Mematikankah?

Okezone coba menanyakan hal ini kepada Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, dan menurutnya hal ini masih bisa ditangani medis.

dr Ari menjelaskan bahwa ada dua kondisi ketika Anda menelan jarum. Kondisi pertama adalah jarum tersebut tertancap di organ bagian dalam atau jarum tersebut keluar melalui feses.

"Hal yang membahayakan di sini adalah ketika jarum tersebut tertancap di organ dalam. Kalau ini sudah terjadi, maka satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah dengan langsung tindakan endoskopi," paparnya saat diwawancarai Okezone melalui sambungan telepon, Jumat (21/9/2018).

Kemudian, bagaimana jika jarum yang menancap itu sudah membuat luka di sekitar organ dalam tersebut? Apakah berbahaya bagi tubuh dan bisa menyebabkan komplikasi masalah?

dr Ari menjelaskan bahwa pada dasarnya lambung manusia itu memiliki asam yang sangat tinggi. Asam ini yang kemudian menjadi alat pertahanan tubuh dari infeksi lanjutan.

"Jadi, bisa dikatakan nggak begitu bermasalah jika memang akhirnya itu jarum bikin luka. Kalau memang diperlukan, biasanya saat endoskopi itu, kita sekalian memberikan antibiotik sebelum akhirnya mengeluarkan jarum tersebut," katanya.

stroberi jarum

Nah, bicara mengenai menelan jarum ini, Okezone juga penasaran apakah jarum yang tertelan bisa memberikan tanda negatif ke tubuh, misalnya demam.

dr Ari sebelumnya memberitahu bahwa masyarakat Indonesia sendiri, biasanya mengalami masalah ini ketika dia secara tidak sengaja menelan jarum pentul saat ingin mengenakan hijab.

"Biasanya para hijaber gigit pentul kan, entah dia dikagetin atau kaget sendiri, jarumnya malah ketelen," tambahnya.

Kalau kondisi semacam ini, berarti si pasien sadar kalau dirinya menelan jarum. Tapi, kalau memang pada kasus stroberi berjarum di Australia, tentu Anda tidak sadar telah menelan jarum.

"Menurut saya, tidak ada tanda khusus ketika Anda menelan jarum. Ya, palingan rasa tidak nyaman saja di perut. Apalagi jika ukurannya kecil. Di mana, sangat minim luka. Jadi, kembali ke awal, berharap saja itu jarum keluar melalui feses atau kalau memang sialnya nancep, ya, operasi," ungkap dr. Ari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini