nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pilihan Oleh-Oleh Khas NTB Serba Gurih dan Pedas

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 22 September 2018 16:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 22 298 1954137 5-pilihan-oleh-oleh-khas-ntb-serba-gurih-dan-pedas-sv5EIOKlDv.jpg Plecingan Tempe (Foto: Ist)

SAAT Anda menyambangi Nusa Tenggara Barat, hampa rasanya kalau pulang tidak membawa oleh-oleh khas. Banyak item makanan ringan yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.

Di Kota Mataram, banyak pertokoan oleh-oleh, namun tidak terpusat di satu kawasan saja. Jika ingin membeli, tinggal pergi ke satu toko yang lengkap menjual aneka makanan khas.

Mulai dari keripik, sambal, dodol rumput laut, sampai madu Sumbawa yang terkenal banget. Anda tinggal memilih makanan apa saja yang ingin dijadikan buah tangan untuk kerabat. Okezone memberi lima rekomendasinya lewat ulasan berikut ini, ditulis Sabtu (22/9/2018).

BACA JUGA:

Tak Kalah Lezat dengan Makanan Western, Kenapa Kuliner Indonesia Sulit Tembus Pasar Dunia?

Madu Sumbawa


Khasiat madu dari Sumbawa sudah terkenal mendunia. Madu dari sarang tawon dan saripati bunga pohon mahoni ini ampuh menjaga daya tahan tubuh. Ada dua jenis madu yakni madu putih dan hitam, tapi khasiatnya berbeda. Satu botolnya dijual sekira Rp155 ribu.

Plecing tempe


Sambal pelecing khas sekali di NTB. Tak cuma diolah jadi cocolan kangkung rebus, tapi banyak jenis keripik berbumbu sambal pedas ini. Ada keripik pelecing tempe yang pedasnya nampol. Kalau tidak kuat makan camilan yang terlalu pedas, cocoknya makan pakai nasi panas. Sedap banget tempe pelecing ini, apalagi dibawa pulang untuk buah tangan kerabat.

Dodol rumput laut

 

Rumput laut banyak dihasilkan di NTB. Masyarakat pun sejak lama kreatif membuat dodol rumput laut. Oleh-oleh ini lumayan dicari-cari banyak turis. Teksturnya kenyal, lembut dan rasanya manis. Sekali gigit, pasti nagih!

Keripik rumput laut

 

Ada hasil umbi-umbian yang dihaluskan jadi keripik, lalut dibumbui cita rasa rumput laut. Gurih dan nagih, tapi keripiknya dibuat tanpa MSG. Harganya lumayan terjangkau cuma Rp25 ribuan. Jangan lupa masukkan ke dalam keranjang belanjaan Anda ya!

Sambal encim

 

Kalau belum puas makan sambal pelecing yang pedas, bisa bawa pulang sebagai oleh-oleh. Sambal encim namanya, bentuknya seperti abon cabai dengan racikan bumbu yang khas. Saat dicicipi, pedasnya bikin lidah terbakar. Tapi kalau pencinta pedas, jangan lupa membeli sambal ini ya!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini