nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Rampung, Patung Garuda Wisnu Kencana Bali Diresmikan Langsung oleh Jokowi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 22 September 2018 19:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 22 406 1954260 sudah-rampung-patung-garuda-wisnu-kencana-bali-diresmikan-langsung-oleh-jokowi-aRIrU4gBFL.png Garuda Wisnu Kencana Bali (Foto: Ist)

SETELAH sekian lama menanti, monumen terbesar kebanggaan Indonesia yakni Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang berada di Pulau Bali, diresmikan pada Sabtu (22/9/2018).

Patung yang terdiri dari 754 bagian tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang bertolak ke Pulau Dewata pada pukul 14.10 WIB dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Setelah tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada pukul 16.40 WITA, presiden beserta rombongan langsung berangkat menuju kawasan GWK di kabupaten Badung, Bali. Rombongan kepresidenan rencananya akan kembali ke Jakarta pada malam harinya.

 BACA JUGA:

Ikuti Tantangan Instagram, Gadis Ini Tidak Keramas Selama 3 Minggu Hasilnya Tidak Terduga

Sebelumnya, pihak pengelola GWK Cultural Park memang telah memberikan pengumuman bahwa destinasi wisata ini akan ditutup pada 21-22 September 2018. Tempat ini sengaja ditutup agar steril ketika menyambut rombongan RI1 dari Jakarta.

 

“Seluruh kawasan GWK Cultural Park ditutup untuk umum pada tanggal 21-22 September 2018. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis lama resmi GWK Bali di akun media sosial.

Sebagaimana diketahui, patung raksasa ini sebenarnya telah dikerjakan sejak 1997 di lahan seluas 250 hektare, namun mega proyek ini sempat terhenti karena berbagai masalah.

Patung Dewa Wisnu itu diklaim memiliki tinggi sekira 121 meter dan lebar 60 meter. GWK merupakan patung tertinggi ketiga di dunia setelah The Spring Temple Buddha di China dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar.

 

Ketinggian GWK pun berhasil mengalahkan Patung Liberty yang menjadi maskot Amerika Serikat yang hanya memiliki tinggi 93 meter.

 BACA JUGA:

Kisah Cinta Unik, Kakek-Kakek Nikahi Gadis dan Remaja Laki-Laki Persunting Nenek-Nenek

Patung superbesar ini sendiri sengaja dibangun ditempat yang sangat strategis. Patung ini diharapkan bisa dilihat pada beberapa tempat wisata terkenal seperti Pantai Sanur, Nusa dua, Kuta hingga Tanah Lot yang memiliki radius jarak hingga 20 kilometer.

Tujuannya utamanya adalah untuk menarik para wisatawan menuju kompleks Taman Wisata Garuda Wisnu Kencana.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini