nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Hanya untuk Cuci Piring, Jeruk Nipis Punya 6 Manfaat bagi Wajah

Firda Janati, Jurnalis · Minggu 23 September 2018 22:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 23 194 1954516 tak-hanya-untuk-cuci-piring-jeruk-nipis-punya-6-manfaat-untuk-wajah-KPju6d4V2y.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PARA wanita kerap melakukan perawatan wajah secara teratur, namun tidak semua produk kecantikan bisa membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Salah-salah, kulit wajah malah berjerawat, dan akhirnya menimbulkan masalah baru.

Nah, salah satu cara yang dilakukan untuk menghindari hal tersebut, adalah menggunakan buah. Pernahkah kamu berpikir bahwa jeruk nipis bisa digunakan sebagai perawatan dan memiliki banyak manfaat bagi wajah?

Buah kecil ini memang terkenal mengandung nutrisi dan vitamin. Meskipun tidak banyak yang tahu bahwa jeruk nipis ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan wajah. Dilansir Okezone dari Newhealthadvisor, Minggu (23/9/2018), berikut manfaat jeruk nipis yang bisa kamu dapatkan untuk kulit wajah.

Baca Juga: 10 Transgender Ini Cantiknya Gak Kalah dengan Perempuan Asli, Lihat Saja Sendiri!

1. Membersihkan wajah

Wajah sangat rentan terjadinya peradangan (merah-merah) dari bakteri yang terperangkap dalam pori-pori. Sifat antibiotik dari jeruk nipis dapat membantu membersihkan serta mengurangi pertumbuhan bakteri di pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat.


2. Membantu mengencangkan pori-pori

Selain membersihkan wajah, jeruk nipis juga membantu mengencangkan pori-pori karena fungsinya sebagai astringent. Astringent umumnya digunakan dalam produk perawatan wajah untuk mengencangkan pori-pori kulit.


3. Mengangkat kulit mati

Asam sitrat pada jeruk nipis sangat efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Ketika kulit mati masih menempel pada wajah, membuat wajah terlihat kusam. Jeruk nipis dapat mengangkat kulit mati tersebut, kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Kamu bisa menggunakan air jeruk nipis dan gula sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati.

Baca Juga: Artis dengan Gaun Terburuk di Red Carpet Emmy Awards 2018


4. Menghilangkan bintik-bintik hitam

Ketika menggunakan jeruk nipis dan dibiarkan selama 30 menit, sifat alami dari jeruk nipis dapat membantu menghilangkan bintik-bintik hitam. Walaupun sering melakukan perawatan ini, perlu diingat untuk selalu menggunakan tabir surya saat beraktifitas di luar ruangan agar terhindar dari timbulnya bintik-bintik di wajah.

5. Anti-Aging

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada pada jeruk nipis dapat membantu memperlambat proses melanin yang menyebabkan perubahan warna dan tanda-tanda penuaan. Jeruk nipis dapat membantu meningkatkan elastisitas dan meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru.

6. Menjaga dari infeksi kulit

Sifat antibiotik dan antioksidan dari jeruk nipis dapat membantu menjaga dan melindungi kulit dari infeksi. Buah kecil ini juga dapat membantu proses penyembuhan dan melembapkan kulit kering.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini