Makna Doa dan Ucapan Sakinah Mawaddah Warahmah untuk Pengantin Baru

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 23 September 2018 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 23 196 1954316 makna-doa-dan-ucapan-sakinah-mawaddah-warahmah-untuk-pengantin-baru-ftazEzf6L8.jpg Ilustrasi pernikahan (Foto: aliexpres)

MENIKAH merupakan salah satu ibadah dalam keyakinan agama Islam. Menikah sendiri pada dasarnya adalah sebuah langkah baru yang menyenangkan dalam kehidupan seseorang.

Dalam sebuah gelaran pernikahan pengantin Muslim, kita sendiri pastinya sudah tak asing lagi dengan kehadiran ucapan doa "Sakinah Mawaddah Wa Rahmah". Doa ini memang biasanya ditujukan kepada kedua mempelai pengantin, sebagai ucapan selamat sekaligus doa pengharapan terhadap kehidupan pernikahan yang akan dijalani pasangan pengantin baru tersebut.

Sering diucapkan, sering pula terbaca namun pada dasarnya apakah kita sudah mengetahui sebetulnya makna apa yang terkandung di dalam ucapan doa "Sakinah Mawaddah Wa Rahmah" ini? Jangan sampai kita sebagai umat Muslim, hanya bisa mengucapkannya saja tanpa mengetahui arti makna di dalamnya.

Pertama-tama yang harus diketahui ialah cara pelafalan atau pengucapannya terlebih dahulu, untuk mengucapkan doa ini disebutkan lafal yang benar adalah digabung langsung menjadi satu atau dengan kata lain tidak perlu menambahkan kata Wa sebelum kata Rahmah, karena Wa ini sudah mempunyai arti sebagai kata penghubung "dan".

 

Untaian doa sakinah mawaddah warahmah ini diketahui diambil dari salah satu ayat suci Al-Quran, surat ke 30 yaitu surat Ar-Rum ayat ke 21.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir,"

Di ayat suci di atas seperti bisa dibaca, ada kata litaskunu atau sakinah, mawaddah, dan rohmah yang digabungkan menjadi sakinah mawaddah warohmah. Secara bahasa, masing-masing tiga kata dari bahasa Arab ini mempunyai arti yaitu damai tentram, cinta kasih atau harapan , dan kasih sayang.

Untuk kata mawaddah, disebutkan lebih lanjut menurut Hasan Al-Basri, mawaddah sebagai "dinamo" penggerak kehidupan pernikahan yang diimplementasikan misalnya seperti saling memberi hadiah, mengingat kebaikan pasangan, dan selalu berkomunikasi dan jujur satu sama lain.

Sedangkan rahmah, yang artinya kasih sayang diwujudkan dalam sebuah bahtera rumah tangga, dengan sikap saling menjaga, melindungi, saling membantu, dan memahami hak dan kewajiban masing-masing sebagai pasangan suami-istri.

Sebagai ucapan doa di pernikahan, untaian doa sakinah mawaddah warahmah ini adalah sebuah harapan dari orang yang mengucapkan, harapan agar kehidupan pernikahan kedua pengantin baru tersebut bisa membangun bahtera rumah tangga dan keluarga yang tenang, penuh cinta kasih dan diselimuti oleh kasih sayang, bisa menjadi satu keluarga yang bahagia tidak hanya di dunia tetapi juga di akhirat kelak. Demikian seperti dihimpun Okezone, Minggu (23/9/2018) dari berbagai sumber.

Begitu indah makna yang terkandung di dalam untaian doa ini ya!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini