nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Perlu Pakai Gadget, 5 Cara Berikut Efektif Tingkatkan Kecerdasan Anak

Firda Janati, Jurnalis · Minggu 23 September 2018 23:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 23 196 1954519 tak-perlu-pakai-gadget-5-cara-berikut-efektif-tingkatkan-kecerdasan-anak-9VbTVlNdeF.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERMAIN menjadi salah satu pendukung bagi perkembangan otak anak dalam kreatifitas dan kecerdasan. Nah, karena itu jangan hanya bergantung pada gadget semata, karena banyak permainan menyenangkan dan menyegarkan yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan pengetahuan anak.

Apakah Anda tahu bahwa bermain sekaligus belajar ini dapat mengasah otak anak dan meningkatnya konsentrasi belajar? Mengutip dari TimesofIndia, Minggu (23/9/2018), cobalah untuk bermain 5 hal berikut, agar membuat pikiran anak berkembang dan menjadi lebih fokus saat belajar.

Baca Juga: 10 Transgender Ini Cantiknya Gak Kalah dengan Perempuan Asli, Lihat Saja Sendiri!


1. Ciptakan permainan edukatif

Anak-anak membutuhkan latihan mental, Anda bisa melakukan permainan seperti teka-teki silang atau permainan kata-kata. Buatlah anak untuk terbiasa memecahkan suatu hal sejak dini.

Selain teka-teki silang dan permainan kata, Anda juga bisa bermain sudoku atau catur. Permainan semacam ini membantu anak ketika telah dewasa agar dapat memecahkan masalahnya sendiri dengan baik.

2. Belajar bahasa baru

Sebuah studi telah menyatakan bahwa belajar bahasa kedua ketika anak beranjak usia 10 tahun dapat meningkatkan fungsi kognitif dan membuat anak menjadi lebih cerdas. Anak-anak yang mahir dalam berbagai bahasa akan lebih cepat dan baik untuk fokus ketika mereka berada di bawah tekanan.

Baca Juga: Cinderella Story asal Indonesia Ini Bikin Baper, Ketika Seorang Manager Jatuh Hati dengan Babysitter


3. Mengoleksi koin dan perangko pos

Mengoleksi koin dan perangko pos dari seluruh dunia akan membuat anak lebih banyak mengenal tempat dari berbagai belahan dunia. Jika anak terbiasa melakukan hal ini, dapat meningkatkan keingintahuan mereka, anak juga lebih semangat dan termotivasi lebih untuk mempelajari berbagai hal seperti mata uang dari berbagai negara.

4. Belajar musik

Awalnya mungkin anak tidak terlalu menikmatinya, tetapi belajar musik dapat bermanfaat bagi anak dalam jangka panjang karena dapat membantu mencegah penurunan kemampuan daya ingat dan kata-kata. Telah terbukti bahwa belajar musik bermanfaat untuk IQ dan prestasi akademik anak-anak.

5. Kegiatan olahraga

Jangan terbiasa diberikan gadget, ajaklah anak melakukan kegiatan olahraga bersama. Tidak perlu terlalu serius saat olahraga bersama anak. Olahraga santai diiringi bermain dengan kerja sama tim selain dapat membantu anak menjadi lebih sehat dan bahagia, kerja tim dapat membangun keterampilan kepemimpinan dan kepercayaan diri mereka.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini