nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sepatu Buluk Ini Dihargai Rp7 Juta Lebih, Mau Membelinya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 24 September 2018 10:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 24 194 1954661 sepatu-buluk-ini-dihargai-rp7-juta-lebih-mau-membelinya-ZWf7GqCUMs.jpg Sepatu Gembel (Foto: Nypost)

SAAT Anda membeli suatu barang, tentu salah satu hal yang menjadi perhatian adalah desain atau kebersihan barang tersebut. Kalau kotor dan terlihat seperti sudah dipakai berkali-kali, ya, buat apa dibeli.

Tapi, Anda tidak akan mendapatkan kesan bersih dan mewah dari sepatu yang satu ini. Dilansir Okezone dari laman New York Post, sepatu yang sedang viral ini malah terkesan buluk dan lebih pantasnya dibuang ke tempat sampah.

Label streetwear kelas premium asal Italia, Golden Goose, adalah penciptanya. Sepatu buluk tersebut tidak hanya ramai dibicarakan, tapi juga mendapat kecaman keras, karena dianggap mengejek kemiskinan lewat desain sepatu bergaya gembel. Sepatu tersebut diberi nama "Superstar Taped Sneaker".

Sepatu sneaker keluaran Golden Goose tersebut memang tak biasa. Mereka didesain kotor alami dengan bagian depan sepatu diberi aksen tambalan selotip. Hal ini memberi kesan bahwa sepatu tersebut sudah mau sobek. Buluk banget!!

Lewat karya nyelenehnya tersebut, para kritikus mode menuduh Golden Goose melakukan 'glamorisasi kemiskinan yang tidak sensitif'.

Perlu Anda ketahui, untuk sepatu buluk ini, produsen menghargainya dengan harga $ 530 atau setara Rp 7,8 juta. Harga yang tidak sepadan dengan kesan kotor yang juga dianggap melecehkan kaum miskin. Anda tertarik? Sepatu ini sudah banyak dijual di pasar swalayan Nordstrom.

"Ada orang di dunia yang memakai tas plastik sebagai sepatu karena mereka tidak mampu membelinya, tetapi barang-barang gila ini dijual seharga $ 500. Gila! Industri fesyen benar-benar sangat bodoh sampai membuat saya kesal seperti apa sih sebenarnya ini semua ?????!" tulis salah satu pengguna Twitter yang membagikan kemurkaannya dan telah disukai hingga 50.000 kali.

Golden Goose sendiri nampaknya tidak peduli. Merek sepatu itu juga pernah merilis sepatu hampir serupa pada 2016 lalu dengan nama Superstar Kicks. Pada saat itu, perwakilan perusahaan Golden Goose mengklaim bahwa tampilan sepatu yang buluk merupakan bentuk penghormatan pada budaya skateboard di West Coast dan bukan cara mencemooh kemiskinan.

Kalau menurut kamu bagaimana?

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini