nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Ah Ma di Film Crazy Rich Asians Ternyata Situs Bersejarah di Malaysia

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 24 September 2018 21:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 24 406 1954991 rumah-ah-ma-di-film-crazy-rich-asians-ternyata-situs-bersejarah-di-malaysia-SyxKRaVY3U.jpg Rumah bersejarah di Film Crazy Rich Asians (Foto:Worldofbuzz)

 

BAGI Anda yang telah menonton film Crazy Rich Asians tentu tidak asing lagi dengan tokoh Ah Ma, nenek dari Nick Young. Sosok itu muncul ketika sang cucu mengundang kekasihnya, Rachel Chu untuk makan malam di rumahnya. Begitu scene itu muncul, tak sedikit penonton yang merasa kagum dengan kemegahan rumah Ah Ma.

Beberapa mungkin penasaran dengan rumah tersebut. Usut punya usut, ternyata rumah itu merupakan salah satu situs bersejarah di Malaysia yaitu Carcosa Seri Negara. Berdasarkan rangkuman Okezone, Senin (24/9/2018) dari berbagai sumber, rumah itu sebenarnya bangunan tempat perjanjian kemerdekaan Negeri Jiran itu ditandatangani.

 10 Transgender Ini Cantiknya Gak Kalah dengan Perempuan Asli, Lihat Saja Sendiri!

 

Bangunan kolonial itu terbagi menjadi dua bagian. Bangunan pertama yaitu Carcosa dibangun pada tahun 1896 yang kemudian ditempati oleh Sir Frank Swettenham, Residen Inggris-Jenderal Federasi Serikat setelah pembentukan Federasi Malaya. Sedangkan bangunan Seri Negara yang disebut King’s House dibangun pada tahun 1913 dan dijadikan rumah untuk menyambut tamu kenegaraan.

Seiring berjalannya waktu, kedua bangunan itu kemudian ditinggalkan. Carcosa Seri Negara sempat dijadikan hotel tapi tidak begitu lama. Pada Januari 2016 bangunan itu ditutup untuk umum. Lantaran tidak ada yang mengurus, bangunan itu menjadi terbengkalai. Padahal banyak sekali nilai bersejarah di dalam bangunan.

Malah sampai ada cerita mistis yang membayangi bangunan tersebut yaitu kemunculan Lady in White yang mengenakan pakaian putih. Penampakan itu sering terlihat di lorong Neo-Gothic dan Tudor Revival pada bagian Carcosa. Sering pula muncul di tangga utama bungalow. Banyak yang percaya hantu perempuan itu merupakan istri dari mendiang Sir Frank Swettenham.

 5 Gaya Seksi ala Olla Ramlan, Tetap Kece dan Awet Muda

 

Barulah setelah bangunan itu didapuk sebagai lokasi syuting film box office yang diangkat dari novel laris karya Kevin Kwan, terjadi perbaikan dan pembersihan di sejumlah area bangunan. Dengan begitu keindahan dan kemegahannya kembali terlihat. Menurut pengelola bangunan yang juga merupakan kepala eksekutif Asian Heritage Museum (AHM), Tan KK, adanya proses syuting membuat tugas memperbaiki rumah menjadi tidak begitu sulit.

Kini, bangunan bersejarah itu menjadi tempat pameran ‘Jalan Merdeka’ yang menginformasikan perjuangan kemerdekaan. Banyak benda-benda bersejarah yang dapat dilihat oleh pengunjung. Bahkan jumlahnya mencapai ribuan. Kedepannya bangunan itu direncanakan untuk menjadi museum perdamaian regional dan pusat budaya.

 

(ndr)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini