nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Atasi Pusing Tanpa Minum Obat? Bisa Kok Pakai 5 Cara Ini

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Senin 24 September 2018 11:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 24 481 1954662 atasi-pusing-tanpa-minum-obat-bisa-kok-pakai-5-cara-ini-H4lJmTH9X9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

NYERI pada kepala atau pusing adalah penyakit yang paling sering dialami oleh manusia. Rasa sakit ini kerap muncul kapan saja dan di mana saja, serta dapat mengganggu aktivitas Anda.

Terkadang cara satu-satunya yang Anda lakukan adalah mengonsumsi obat pereda nyeri kepala. Padahal, sebenarnya hal itu bukanlah cara yang efektif.

Ternyata ada beberapa cara lain yang bisa membantu Anda untuk menghilangkan nyeri kepala tanpa mengonsumsi obat sama sekali. Menyadur dari Boldsky, Senin (24/9/2018), Okezone akan membahasnya satu per satu.

Baca Juga: 5 Gaya Berbikini Sophia Latjuba, Bikin Panas Dingin

1. Capsaicin Nasal Spray

Cabai pedas mengandung senyawa yang disebut capsaicin yang menurut penelitian dapat mengurangi rasa sakit kepala. Capcaisin nasal spray juga dianggap bekerja dengan desensitisasi saraf trigeminal dan menipiskan tingkat bahan kimia yang ada pada nyeri.

2. Makanan kaya magnesium

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, maka kadar magnesium dalam tubuh rendah. Gabungkan makanan yang kaya magnesium pada menu yang hendak dikonsumsi. Anda sebisa mungkin mengonsumsi bahan makanan seperti almond, buah ara dan alpukat. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium.

Baca Juga: Cinderella Story asal Indonesia Ini Bikin Baper, Ketika Seorang Manager Jatuh Hati dengan Babysitter

3. Melatonin

Hormon melatonin mengatur pola tidur Anda. Telah ditemukan bahwa jika tubuh Anda memiliki kadar melatonin yang rendah, maka akan menyebabkan sakit kepala. Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal Headache menjelaskan bahwa suplemen melatonin lebih efektif dalam mengobati sakit kepala. Minumlah suplemen melatonin setiap hari dua jam sebelum tidur bisa mengobati sakit kepala.

4. Teh jahe

Array

Teh Jahe mengandung bahan bioaktif yang disebut gingerol yang dikenal memiliki sifat terapeutik. Senyawa ini membuat jahe sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang sangat kuat dan dapat membantu mengobati serangan sakit kepala. Minum teh jahe akan membantu meredakan gejala sakit kepala. Jadi, minumlah dua kali sehari.

5. Vitamin B2

Vitamin B2 dapat membantu mengurangi keparahan dan frekuensi sakit kepala. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Neurology pada 2004 menemukan bahwa partisipan yang diberi kapsul 400 mg vitamin B2 per hari mengalami serangan sakit kepala yang lebih sedikit.

Jadi, konsumsilah makanan kaya vitamin B2 karena kekurangan vitamin dapat menyebabkan kerusakan saraf dan peradangan, yang menyebabkan sakit kepala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini