nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Obesitas pada Wanita Timbulkan Risiko Kanker Lebih Besar daripada Merokok!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 24 September 2018 13:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 24 481 1954744 obesitas-pada-wanita-timbulkan-risiko-kanker-lebih-besar-daripada-merokok-9FRxfVAi9b.jpg Obesitas (Hindustantimes)

SALAH satu penyakit yang paling sering dialami oleh seluruh manusia di dunia adalah obesitas. Memang hal ini terlihat sepele dan tidak berdampak langsung pada kesehatan, namun jika dibiarkan obesitas ternyata bisa mengancam nyawa seseorang.

Sebuah laporan dari Cancer Research UK mengatakan, obesitas dapat menyebabkan lebih banyak kasus kanker para wanita daripada kebiasaan merokok. Diprediksi kasus itu akan terlihat dengan jelas pada 2043, dimana reaksi terhadap gaya hidup tidak sehat ini akan dimulai.

 Baca juga: Sudah Beli Parfum Mahal Tapi Enggak Tahan Lama? Ini Alasannya!

Obesitas (Shutterstock)

“Obesitas adalah kebiasaan merokok baru, salah satu tantangan kesehatan masyarakat terbesar adalah generasi muda. Menempatkan orang-orang pada risiko yang jauh lebih besar dari kanker, serangan jantung dan kondisi pembunuh lainnya serta diabetes tipe 2,” tegas Simon Stevens selaku kepala eksekutif NHS Inggris, sebagaimana diberitakan Express, Senin (24/9/2018).

Meskipun lebih banyak pria daripada wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas, namun dampak obesitas memiliki efek yang lebih besar pada wanita. Beberapa kanker bisa dengan mudah menyerang mereka seperti kanker payudara dan rahim.

 Baca juga: Jangan Pesimis Pria-Pria Humoris, Kamu Masih Jadi Incaran Wanita!

Untuk pria persilangan antara obesitas dan kasus kanker terkait dengan rokok kemungkinan besar akan terjadi di kemudian hari. Diperkirakan merokok masih menjadi penyebab utama kanker pada laki-laki dengan jumlah 34 ribu dibandingkan dengan obesitas yang diperkirakan hanya berjumlah 18 ribu jiwa pada 2035.

 Obesitas

Penelitian kanker UK sekarang telah meluncurkan kampanye untuk meningkatkan kesadaran bahwa obesitas merupakan pemicu penyakit berbahaya seperti kanker. Mereka melakukan hal ini dengan cara publisitas tentang merokok dan diharapkan hal ini bisa membantu menurunkan angka penggunaan rokok.

 Baca juga: Keuntungan Gunakan Sikat Gigi Elektrik bagi Kamu yang Pemalas!

“Obesitas adalah ancaman kesehatan masyarakat yang sangat besar. Hal ini jelas akan bertambah buruk jika tidak ada yang melakukan perubahan. Pemerintah harus membangun pelajaran tentang pencegahan merokok untuk mengurangi jumlah kanker yang berhubungan dengan berat badan dn melindungi generasi muda atau anak-anak,” tegas Kepala Pencegahan dan penelitian kanker di Inggris, Profesor Linda Bauld.

Tak hanya itu, badan amal ini juga menyerukan langkah-langkah lainnya dengan melindungi anak-anak untuk mengonsumsi junkfood. Mereka meminta ada pembatasan promosi harga untuk produk makanan yang tidak sehat dan dianggap berbahaya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini