Ingin Kurus? Gunakan 7 Jenis Topping Ini dalam Menu Salad Anda

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 24 September 2018 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 24 481 1954782 ingin-kurus-gunakan-7-jenis-topping-ini-dalam-menu-salad-anda-Gj6IjFK1vq.jpg Ilustrasi (Foto: Taste)

OBESITAS atau yang sering dikenal dengan penyakit kelebihan berat badan, masih menjadi salah satu masalah yang menghantui masyarakat di dunia. Gaya hidup serta pola makan yang tidak sehat menjadi faktor utama penyebab obesitas.

Beberapa orang yang menyadari bahaya obesitas pun akhirnya berupaya keras untuk menurunkan berat badannya. Salah satunya adalah dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan rendah kalori. Salah satu makanan yang paling sering dipilih adalah salad.

Sebagaimana diketahui, salad biasanya terdiri dari aneka buah atau sayuran yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Keunikan mengonsumsi salad adalah Anda bisa menambahkan sendiri bahan makanan apa yang hendak ditambahkan ke dalamnya.

Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih toping yang hendak dimasukkan ke dalam salad. Salah-salah justru menu makanan yang ditambahkan akan menyebabkan berat badan Anda bertambah dan merusak program diet.

 (Baca Juga:Obesitas pada Wanita Timbulkan Risiko Kanker Lebih Besar daripada Merokok!)

Melansir dari Boldsky, Senin (24/9/2018), Okezone akan membagikan beberapa topping salad yang bisa Anda gunakan dalam program penurunan berat badan Anda. Apa sajakah itu, yuk disimak!

1. Paprika

Paprika dikenal dapat meningkatkan metabolisme tubuh karena mengandung senyawa yang disebut dihydrocapsiate. Paprika juga tinggi vitamin C yang melawan kortisol, hormon stres yang menyebabkan penumpukan lemak perut.

2. Selada

Selada atau letus banyak digunakan sebagai dasar salad. Tapi, selain selada, ada begitu banyak salad hijau untuk dipilih. Anda juga bisa menambahkan bayam, sawi hijau, bit hijau, selada es, dan daun kubis. Salad ini tidak hanya akan menambah kerenyahan tetapi juga akan memberi Anda nutrisi.

 (Baca Juga:Biasakan Minum 4 Cangkir Teh Sehari, Manfaatkan Positif Ini Bisa Anda Rasakan pada Tubuh)

3. Telur

 

Telur adalah topping salad yang sehat untuk menurunkan berat badan. Putih telur memuaskan rasa lapar dan kuning telur merupakan sumber berlimpah nutrisi penambah lemak yang disebut kolin. Kolin bekerja dengan menekan hormon haus leptin yang memicu rasa lapar bahkan setelah makan.

4. Sayuran berwarna

Tambahkan banyak sayuran berwarna-warni ke salad Anda untuk membuatnya sehat karena mengandung banyak phytochemical. Misalnya, Anda dapat memasukkan sayuran berwarna merah seperti tomat, bit, dan paprika merah.

Sayuran berwarna hijau seperti artichoke, kacang polong, brokoli dan mentimun. Sayuran berwarna oranye seperti wortel, dan ubi jalar. Sayuran berwarna biru atau ungu seperti kubis ungu dan terong dan sayuran berwarna putih / coklat seperti jamur, dan parsnip ke dalam salad.

5. Buah beri

 

Beri penuh dengan polifenol, antioksidan alami yang ditemukan dalam stroberi, blueberry dan raspberry yang dapat menurunkan pembentukan sel-sel lemak hingga 73 persen. Menurut penelitian, beri juga kaya serat yang akan membuat perut Anda kenyang dan mencegah keinginan untuk makan.

 (Baca Juga:Atasi Pusing Tanpa Minum Obat? Bisa Kok Pakai 5 Cara Ini)

6. Lemak sehat

Gantilah lemak tidak sehat seperti potongan daging asap atau daging sapi dari salad Anda, dengan dengan alpukat, kacang dan biji-bijian, zaitun, dan minyak zaitun. Makanan-makanan tersebut masuk dalam kategori lemak sehat yang baik untuk tubuh. Studi mengatakan bahwa mengonsumsi lemak sehat dapat mengurangi nafsu makan dan memungkinkan seseorang untuk makan lebih sedikit kalori.

7. Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan diprediksi bisa membuat Anda kehilangan berat badan karena kandungan serat yang ada di dalamnya. Untuk mendukung pernyataan ini, sebuah penelitian diterbitkan dalam jurnal Obesity yang menunjukkan bahwa setelah mengkonsumsi 160 g kacang polong, orang merasa 31 persen lebih kenyang.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini