nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengguna Lensa Kontak Waspadai Infeksi Langka yang Dapat Sebabkan Kebutaan

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 24 September 2018 14:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 24 481 1954784 pengguna-lensa-kontak-waspadai-infeksi-langka-yang-dapat-sebabkan-kebutaan-5HV5QG2Egb.jpg Ilustrasi (Foto: Health)

PEMAKAIAN lensa kontak sekarang ini memang menjadi alternatif bagi mereka yang merasa kurang nyaman mengenakan kacamata atau karena alasan lainnya. Walau begitu, lensa kontak tidak bisa sembarangan digunakan karena bisa berujung pada dampak yang merugikan seperti iritasi. Bahkan baru-baru ini para ahli menemukan adanya kondisi langka yang bisa terjadi karena pemakaian lensa kontak.

Kondisi yang bisa terjadi adalah Acanthamoeba keratitis atau infeksi pada mata yang tergolong langka. Dalam beberapa tahun terakhir, infeksi ini mengalami peningkatan cukup drastis. Sekira 85% kasus infeksi dipicu penggunaan lensa kontak meskipun bisa terjadi karena faktor lain. Penyebab infeksi ini adalah mikroorganisme bersel tunggal yaitu protozoa dalam spesies Acanthamoeba.

Ketika Acanthamoeba masuk ke mata maka mikroorganisme tersebut dapat menginfeksi kornea. Infeksi dapat menyebabkan rasa sakit, mata terasa mengganjal, keluarnya air mata, kemerahan, dan bahkan perubahan penglihatan permanen atau kebutaan. Mikroorganisme biasanya masuk melalui tangan yang kotor saat menyentuh mata atau lensa kontak yang kotor.

Sayangnya, gejala yang timbul karena infeksi oleh Acanthamoeba hampir mirip dengan infeksi kornea lain sehingga telat mendapatkan penanganan akibat salah diagnosis. Belum lagi infeksi ini bisa menyebabkan resistensi obat yang berdampak pada lamanya waktu penyembuhan, bisa berlangsung enam bulan hingga satu tahun. Kondisi yang parah juga dapat menyebabkan transplantasi kornea dan kebutaan .

lensa kontak

Sebenarnya 80-90% kasus infeksi Acanthamoeba keratitis bisa dicegah apabila setiap orang selalu menerapkan kebersihan. Sebut saja rutin mencuci tangan, menggunakan disinfektan, dan memastikan tangan bersih sebelum mengenakan lensa kontak. Selain itu, menghindari penggunaan lensa kontak pada saat mandi, mencuci wajah, atau berenang. Dengan begitu menghindari bakteri agar tidak menempel.

"Pilihan lainnya orang bisa menggunakan lensa sekali pakai atau mencoba menghindari penggunaan lensa kontak. Cara itu merupakan salah satu solusi yang lebih aman. Saat ini kami juga sedang menganalisis data untuk menetapkan faktor-faktor risiko terkait infeksi Acanthamoeba keratitis,” ujar salah seorang ahli John KG Dart yang merupakan konsultan dokter mata seperti yang dikutip Okezone dari Health, Senin (24/9/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini