nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Infertilitas Bisa Terjadi pada Pria, Waspadai 5 Tanda Ini

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Senin 24 September 2018 20:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 24 481 1954897 infertilitas-bisa-terjadi-pada-pria-waspadai-5-tanda-ini-Cumdo2lJxf.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SETIAP pasangan yang telah menikah pasti menginginkan memiliki keturunan. Namun, bagi beberapa pasangan, tidak semudah itu untuk mendapat momongan. Bahkan ada yang tidak bisa memiliki keturunan atau mengalami kemandulan.

Tanda dan gejala dari infertilitas (mandul) sering dikaitkan dengan kondisi yang mendasar. Misalnya, 10 hingga 15 persen kasus klamidia yang tidak diobati akan menyebabkan penyakit radang panggul (PID) yang mengarah pada penyumbatan saluran tuba yang mencegah pembuahan.

Namun, infertilitas bukan hanya bisa dialami oleh wanita. Pria pun juga dapat mengalaminya. Ada banyak kondisi yang dapat berkaitan dengan infertilitas pada pria dan wanita. Akan tetapi gejala pada pria jarang sekali diketahui.

 (Baca Juga:4 Tanda Tekanan Kabin Pesawat Tak Stabil, Hati-Hati Jika Mengalaminya)

Tanda dan gejala masing-masing pun sangat bervariasi. Berikut adalah 5 tanda apabila pria mengalami infertilitas seperti yang telah dilansir Okezone dari Healthline, Senin (24/9/2018):

1. Perubahan hasrat seksual

Kesuburan seorang pria juga terkait dengan kesehatan hormonnya. Perubahan hasrat seksual pada pria bisa jadi merupakan tanda bahwa adanya masalah kesuburan pada diri Anda.

2. Nyeri atau pembengkakan pada testis

Ada beberapa kondisi berbeda yang dapat menyebabkan rasa sakit atau pembengkakan di testis. Apabila Anda mengalami nyeri atau pembengkakan di bagian testis, segeralah berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi ini adalah tanda Anda mengalami infertilitas.

 

3. Masalah mempertahankan ereksi

Kemampuan pria mempertahankan ereksi sering dikaitkan dengan kadar hormon dari dirinya. Hormon yang berkurang dapat terjadi pada pria dan ini mengakibatkan seorang pria mengalami infertilitas.

 (Baca Juga:Perempuan Wajib Waspadai Hipertensi Paru, Ini yang Harus Diperhatikan!)

4. Masalah ejakulasi

Jika seorang pria tidak mampu untuk ejakulasi pada saat bersenggama, ini adalah tanda bahwa mungkin Anda mengalami infertilitas. Kunjungi segera dokter Anda apabila Anda tidak dapat ejakulasi saat berhubungan dengan pasangan.

5. Testis kecil

Testis merupakan alat untuk menampung sperma pria. Jadi, kesehatan testis sangat penting untuk kesuburan pria. Testis yang kecil dapat mengindikasi adanya potensi masalah yang harus Anda konsultasikan dengan pihak medis karena bisa jadi Anda mengalami infertilitas

Namun, apabila Anda memang didiagnosis mengalami infertilitas, jangan berkecil hati. Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter yang ahli untuk membicarakan apakah Anda masih berkemungkinan untuk memiliki keturunan. Karena, kemajuan di bidang ini sudah semakin banyak sehingga Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih dapat berkemungkinan untuk memiliki momongan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini