nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rasanya Manis, Benarkah Konsumsi Madu Bikin Badan Gemuk?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 05:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 24 481 1955029 rasanya-manis-benarkah-konsumsi-madu-bikin-badan-gemuk-jMXDAARbzq.jpg Ilustrasi (Foto: Timesofindia)

BANYAK orang yang bertanya-tanya, apakah konsumsi madu secara rutin dapat memicu kenaikkan berat badan? Pasalnya, selama ini madu menjadi salah satu pengganti gula yang diklaim kaya akan nutrisi, serta aman untuk dikonsumsi karena diolah secara alami.

Tak heran jika madu sering digunakan sebagai bahan campuran pada secangkir teh, limun, atau milkshake. Selain memperlezat cita rasanya, menambahkan madu ke dalam minuman juga dianggap menyehatkan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apakah madu benar-benar memmbuat badan gemuk? Berikut Okezone rangkumkan 5 manfaat kesehatan madu yang harus Anda ketahui, sebagaimana dilansir dari Times of India, Selasa (25/9/2018).

Madu alami

Seperti diketahui, madu merupakan salah satu makanan ajaib yang dihasilkan oleh para lebah. Dibandingkan dengan gula olahan, rasa madu menyuguhkan sensasi rasa manis yang alami. Rasa manis ini juga hadir dengan berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti fruktosa, glukosa, sukrosa, dan maltosa. Kandungan tersebutlah yang menjadikan madu sebagai antioksidan yang sempurna.

Menurunkan berat badan

Apakah Anda tahu mengapa seseorang cenderung cepat mengalami berat badan? Menurut penelitian, itu karena akumulasi lemak yang tidak terpakai di dalam tubuh. Lemak ini kemudian akan mengendap dan menambah banyak beban ke tubuh Anda. Anda akan terkejut mengetahui bahwa madu memiliki kemampuan magis untuk memobilisasi lemak yang terakumulasi ini. Jika dikonsumsi secara rutin, madu dapat membantu Anda mengurangi berat badan.

madu

Mengandung kolesterol baik

Madu kaya akan kolesterol baik yang membantu Anda mengurangi ketegangan kardiovaskular. Mengurangi ketegangan kardiovaskular dapat menjaga kebugaran dan aktif membantu dalam penurunan berat badan. Cara terbaik untuk mengonsumsi madu adalah mencampurkannya dengan air hangat.

Indeks glikemik

Indeks glikemik adalah peringkat komparatif karbohidarat yang ada dalam makanan, menjelaskan tentang seberapa banyak mereka memengaruhi kadar glukosa darah. Madu memiliki indeks glikemik rendah yang berarti bahwa karbohidrat secara perlahan diserap, sehingga peningkatan kadar glukosa darah menjadi lambat. Jadi, konsumsilah madu dalam jumlah yang cukup untuk mencegah gula darah.

Menjaga kesehatan

Antioksidan yang terdapat dalam madu juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, yang merupakan penyebab utama dari semua penyakit jantung. Madu dapat mempertahankan tekanan darah normal dengan mengatur aliran darah melalui arteri ke jantung Anda. Dengan demikian, risiko serangan jantung akan menurun, dan kesehatan jantung Anda akan terjaga.

Oleh karena itu, madu sangat baik untuk kesehatan, dan dapat membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini