Share

Jago Bahasa Inggris, Bocah Vietnam Ini Malah Tidak Bisa Bahasa Vietnam

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 25 196 1955199 jago-bahasa-inggris-bocah-vietnam-ini-malah-tidak-bisa-bahasa-vietnam-XP9Wv0YVjm.jpg Bocah Vietnam yang jago berbahasa Inggris (Foto:Odditycentral)

 

MEMILIKI anak hebat tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi orangtua. Terlebih jika si anak bisa membanggakan orangtua dengan kemampuan yang dia miliki.

Hal itu mungkin yang dirasakan Le Thi Lien. Bagaimana tidak, anaknya yang bernama Le Nguyen Bao Trung kini menjadi pembicaraan banyak orang setelah videonya tersebar di media sosial. Dalam video tersebut, bocah asal Vietnam yang biasa disapa Bin itu menunjukan kemahirannya dalam berbahasa Inggris.

Okezone mengutip dari laman Oddity Central, Selasa (25/9/2018), si anak yang baru berusia 5 tahun ternyata tidak pernah diajarkan bahasa Inggris sebelumnya secara formal. Bahkan, si anak baru belajar bahasa Vietnam yang diajarkan ibunya sendiri.

 10 Transgender Ini Cantiknya Gak Kalah dengan Perempuan Asli, Lihat Saja Sendiri!

Lahir di Desa Dong Van, di Provinsi Ha Tinh, Vietnam, Bin mengatakan, kata dalam bahasa Inggris pertama dia pelajari saat usianya hampir dua tahun. Anda bisa mengatakan dia terlalu lama, tetapi tidak ada yang tahu jika itu yang membuatnya mahir seperti sekarang ini.

 

Ibunya menceritakan bahwa saat melihat kalender, Bin selalu mengatakan "Eleven" dan ini terus terjadi hingga dia benar-benar fasih mengatakan kata tersebut dengan logat Amerika. Dia tidak berbicara bahasa Inggris secara penuh dan beberapa kali salah mengartikan kata. Tapi Bin terus mengatakannya jadi dia bertanya pada kakaknya yang lebih tua dan belajar bahwa kata 'eleven' berarti 11 dalam bahasa Inggris.

Le Thi Lien baru-baru ini memberi tahu wartawan Vietnam bahwa dia sangat kagum dengan kemampuan Bin untuk mengenali dan mengucapkan 11 kata dalam bahasa Inggris. Dalam kesempatan tersebut, ibu Bin memberikan lagi kalender ke si bocah dan menunjukan kata lain yang mungkin tidak diketahui Bin. Mengejutkan, balita itu mengenali dan mengumumkan semua angka dari 1 hingga 30 dalam bahasa Inggris yang sempurna.

Setelah itu, ibunya pergi dan membelikannya alfabet Inggris, serta buku mewarnai dan buku latihan anak-anak dalam bahasa Inggris. Hari ini, pada usia 5 tahun, Bin dapat membaca dalam bahasa Inggris, dapat menyebutkan istilah bahasa Inggris untuk hampir semua item, tetapi justru tidak dalam bahasa Vietnam.

Dalam wawancaranya dengan media Vietnam, ibu Bin hampir tidak bisa menahan air matanya ketika ditanya bagaimana dia berkomunikasi dengan putranya. Sang ibu tidak berbicara bahasa Inggris dan si anak tidak bisa berbahasa Vietnam, jadi pada awalnya semua yang mereka miliki adalah bahasa isyarat.

"Saya tidak mengerti, saya akan menggelengkan kepala dan berkata 'saya tidak tahu,'" kata wanita itu. Tetapi dia tidak bisa membiarkan keadaan itu terjadi, jadi dia mulai belajar bahasa Inggris.

Setiap malam, meskipun pulang dari kerja, Le belajar online dan mengambil pelajaran bahasa Inggris dasar, bergulat dengan tata bahasa, pelafalan, bahkan belajar suku kata yang berbeda. Butuh beberapa saat, tetapi akhirnya dia bisa berkomunikasi dengannya.

Cerita berlanjut. Taman kanak-kanak adalah pengalaman yang sulit, karena Bin tidak mengerti bahasa Vietnam dan juga mengeluh bahwa guru itu berbicara bahasa Inggris dengan tidak benar di kelas bahasa Inggris. Ibunya berbicara dengan para guru di Pusat Bahasa Asing setelah menguji Bin, mengatakan bahwa keterampilannya telah maju dan dia perlu belajar di sekolah bahasa Inggris di kota besar.

 Kompak, Kembar Identik Ini Lakukan Operasi Transgender Bersama

Jadi ibunya membawa Bin ke sekolah di Ho Chi Minh City, di mana seorang penutur asli bahasa Inggris memberi bocah itu kuesioner 49 pertanyaan dan dia menjawab setiap pertanyaan dengan benar.

Guru bahasa Inggris memuji bocah itu dan menyambutnya di sekolah, tetapi uang bulanannya sebesar 7 juta dong Vietnam atau sekitar Rp 4,5 juta yang mana dia tidak mampu membayarkannya.

Untungnya, Bin juga mulai belajar bahasa Vietnam di awal tahun ini, jadi dia dan ibunya sekarang dapat berkomunikasi sedikit lebih baik. Dia masih jauh lebih baik di bahasa Inggris dan ibunya berharap dapat membantu dia memanfaatkan kemampuan luar biasa ini.

 

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini