nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Atasi Pasangan yang Pencemburu

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 20:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 25 196 1955431 5-cara-atasi-pasangan-yang-pencemburu-3otJj5yFHd.jpg Trik menghadapi pasangan yang pecemburu (Foto:Ist)

CEMBURU adalah satu tanda bahwa Anda mencintai pasangan. Namun, cemburu justru dapat membunuh cinta yang Anda dan pasangan miliki satu sama lain. Jangan khawatir, ada banyak cara untuk belajar bagaimana menghadapi cemburu dalam hubungan agar tidak membunuh rasa cinta itu sendiri.

Beberapa orang memiliki masalah kepercayaan karena hubungan atau perpisahan di masa lalu, dan seringkali memungkinkan untuk mengatasi masalah ini bersama-sama jika kedua pasangan berkomitmen untuk mencobanya. Untuk memulai hal tersebut, cari tahu mengapa pasangan Anda merasa cemburu. Terutama jika Anda tidak memberi mereka alasan untuk tidak mempercayai Anda.

Selain itu, ada berbagai tingkat cemburu yang harus Anda ketahui. Menurut Livestrong, cemburu adalah kondisi manusia normal, tetapi pasti bisa menjadi tidak sehat dalam situasi tertentu. Cemburu yang baik adalah ketika seseorang membiarkan emosi ini mendorong mereka untuk menjadikan mereka orang yang lebih baik dalam beberapa hal. Tetapi jika seseorang menjadi agresif dan mencoba untuk mengendalikan apa yang Anda lakukan, maka itu dianggap tidak sehat, dan jika Anda merasa ini adalah situasi yang berulang dalam hubungan Anda sendiri, maka Anda perlu membicarakannya dengan pasangan.

Meskipun itu mungkin memberi mereka kepastian bahwa tidak perlu membawa emosi itu di dalam hubungan, itu juga dapat menciptakan ikatan yang lebih erat di antara Anda berdua. Berikut adalah 5 cara Anda dapat lakukan untuk membantu pasangan mengatasi rasa cemburu, yang telah dilansir Okezone dari Bustle, Selasa (25/9/2018).

 Hamil Besar, Natasha Rizky Tetap Cantik Nikmati Babymoon di Bali

Bicarakan Kekhawatiran dan Kecemasan

Jika Anda merasa pasangan Anda cemburu berlebihan, mungkin sebaiknya Anda menanyakan kepadanya apa yang sedang terjadi. Pastikan Anda mendengarkan ketika mereka memberi tahu apa sebenarnya yang membuat mereka cemburu, dan jangan takut untuk mengungkapkan bagaimana tindakan mereka mempengaruhi perasaan Anda.

Jangan bersikap defentif

Jika pasangan Anda mulai menuduh tentang sesuatu yang tidak benar, jangan menambah emosinya dengan langsung berargumen. Ambil langkah mundur dan perbaiki situasinya. Daripada bersikap defensif, cobalah berbicara dengan pasangan Anda bagaimana memecahkan masalah itu bersama-sama.

 

Katakan bahwa Anda ingin menciptakan ikatan yang lebih erat di antara Anda berdua dan mengatasi ketakutan yang dimiliki pasangan Anda, jadi yakinkan mereka bahwa mereka tidak perlu khawatir, dan Anda akan selalu bersama mereka. Namun, jika Anda mempertimbangkan untuk mengakhiri hubungan tersebut, karena alasan apa pun, ini mungkin adalah waktunya untuk terbuka dan langsung berterus terang tentang itu.

 

Tunjukkan Perhatian Ekstra

Setelah Anda membahas tentang kecemburuan pasangan, cobalah untuk menunjukkan kepadanya cinta yang lebih lagi. Berikan dia perhatian yang ekstra agar dia bisa tenang. Misalnya, beri dia sentuhan seperti pelukan kasih sayang. Meskipun apa yang dirasakan pasangan Anda mungkin tidak masuk akal bagi Anda, Anda harus bersikap suportif dengan menunjukkan kepada mereka betapa berartinya mereka bagi Anda.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika kecemburuan pasangan Anda buruk sehingga hal itu mengarah pada hal-hal seperti memaksa Anda untuk menghindari teman-teman tertentu, atau mereka tidak pernah ingin Anda berpergian sendiri karena mereka takut Anda akan menipunya. Maka masalah ini bisa dibilang serius, dan Anda harus mempertimbangkan untuk mencari bantuan, atau mungkin meninggalkan hubungan tersebut.

 5 Zodiak Ini Terkenal Tukang Bohong, Anda Masuk Daftar Gak?

Buat Batasan

Menetapkan batasan dengan pasangan Anda bukanlah hal yang negatif. Banyak hubungan yang sehat menciptakan batasan untuk mengetahui di mana letak emosi setiap orang dan apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Menurut PsychCentral, psikolog Leslie Becker-Phelps, Ph.D mengatakan, "Anda perlu tahu apa yang Anda suka dan tidak suka, apa yang membuat Anda nyaman dan apa yang membuat Anda takut, juga bagaimana Anda ingin diperlakukan dalam situasi tertentu,“ Cobalah untuk berterus terang tentang diri Anda dan cari tahu kebutuhan pasangan Anda kemudian dengan begitu, maka akan terbentuk solusi apa yang harus Anda dan pasangan lakukan.

Bersabar

Ini bukan masalah yang bisa diperbaiki dalam waktu semalam. Cobalah untuk bersabar dan tunjukkan kepada pasangan bahwa Anda bersedia menangani masalah ini bersama-sama dengan bersikap saling mendukung dan terus mendiskusikan ketakutan pasangan.

Cobalah untuk sabar ketika Anda melakukan cara-cara baru untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda. Meskipun itu bisa menghabiskan waktu dan membuat emosi Anda naik, jangan biarkan hal itu menghalangi Anda untuk mencoba menyelesaikan masalah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini