nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Bisa Sembarangan, Ini Jenis Teh dan Waktu Minumnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 10:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 25 298 1955172 tidak-bisa-sembarangan-ini-jenis-teh-dan-waktu-minumnya-pEywBdb5D3.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MINUM teh memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia. Jika dijelaskan secara ringkas, minuman beraroma wangi ini mengandung banyak nutrisi esensial yang dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya, sebut saja kanker.

Tapi apakah ini sesuai dengan pendapat para ahli? Menurut Sensei Suwarni Widjaja, selaku Master Teh asal Indonesia, beberapa jenis teh memang memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh, namun tergantung pada teknik pengolahan dan variannya.

"Kandungan antioksidan pada teh itu memang baik untuk kesehatan. Misalnya teh oolong, teh merah, dan teh pu'er. Teh oolong itu bermanfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh, dan cocok bagi orang yang sering merasa lelah atau kecapekan," tutur Suwarni, di kawasan Jakarta Pusat.

Baca Juga: 10 Transgender Ini Cantiknya Gak Kalah dengan Perempuan Asli, Lihat Saja Sendiri!

Image result for teh shutterstock, okezone

Nah, untuk yang suka lembur dan begadang hingga tengah malam, Suwarni merekomendasikan olahan teh merah atau pu'er. Dari segi warna dan aromanya memang lebih kuat, namun khasiat minuman ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan.

"Teh merah dan pu'er itu sangat baik bagi yang suka mengonsumsi gorengan dan memiliki jam kerja yang panjang hingga begadang. Luangkan sedikit waktu untuk menyeduh teh merah agar stamina dan kesehatan tetap terjaga," imbuhnya.

Meski memiliki sejumlah manfaat kesehatan, Suwarni tidak lupa menginformasikan waktu yang tepat untuk mengonsumsi teh. Berdasarkan penjelasannya, teh lebih baik dikonsumsi saat kondisi perut telah terisi makanan.

Baca Juga: Jawaban Lucu Kevin Minions Ketika Ditanya Kenapa Jomblo hingga Berapa Harga Tasnya

Hal ini juga sesuai dengan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh para ahli kesehatan, beberapa waktu lalu. Bahwsanya, meminum teh dalam kondisi perut kosong dapat memicu timbulnya kembung, maag, dan meningkatnya kadar asam lambung di dalam tubuh.

"Agar lebih aman di lambung, teh lebih baik dikonsumsi setengah jam setelah makan siang. Jadi suasananya sudah tenang dan nyaman. Kandungan vitamin A,C,E dan antioksidannya memang tinggi, tapi disarankan kenyang dulu agar asam lambung tidak naik," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini