nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selamat Ulang Tahun Bandung, Yuk Intip 5 Jajanan Hits Asal Kota Kembang yang Digandrungi Milennials

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 18:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 25 298 1955487 selamat-ulang-tahun-bandung-yuk-intip-5-jajanan-hits-asal-kota-kembang-yang-digandrungi-milennials-LbF6TKqK6e.png Kuliner Hits di Bandung (Foto: Instagram)

HARI ini, Selasa (25/9/2018), Kota Kembang Bandung genap berusia 208 tahun. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia, khususnya bagi mereka yang tinggal di kawasan Jabodetabek.

Bagaimana tidak? Selain menyuguhkan beragam keindahan alam yang begitu memesona, Bandung juga memiliki segudang kuliner unik yang berhasil membuat wisatawan tertarik untuk kembali mengunjunginya.

Nah dari sederet kuliner khas Tanah Sunda itu, ternyata terselip 5 jajanan kekinian yang sedang digandrungi para pencinta kuliner Nusantara. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezoen dari berbagai sumber.

Surabi

Berbicara soal kuliner khas Kota Kembang Bandung, rasanya belum lengkap jika belum membahas Surabi. Nah, kalau dulu Surabi disajikan dengan kuah manis yang terbuat dari gula merah, atau bertopping oncom, kudapan ini sekarang sudah tersedia dalam berbagai pilihan rasa. Mulai dari surabi tuna, surabi daging sapi, surabi telur, surabi keju cokelat, dan masih banyak lagi. Kudapan kekinian ini bisa Anda temukan di sejumlah kafe atau restoran yang berada di Kota Bandung. Beberapa kedai yang terkenal adalah Surabi Enhaii, Surabi Gaul Bandung, dan Radja Surabi.

Seblak

Pencinta makanan pedas tentu sudah tidak asing lagi dengan kuliner hits yang kini mulai banyak ditemukan di sejumlah kota besar di Indonesia. Konon katanya, seblak merupakan camilan yang biasa dibuat oleh warga bandung di rumah. Teknik pengolahannya pun terbilang sederhana. Anda hanya perlu menumis bumbu bawang, kencur, lalu masukkan kerupuk yang sudah direndam dengan air. Namun seiring berjalannya waktu, kuliner ini mulai dimodifikasi dengan menambahkan beberapa bahan makanan seperti makaroni, batagor, ceker, dan masih banyak lagi. Meski dapat dinikmati garing, tak sedikit pula yang menyantap seblak dengan tambahan kuah.

Martabak

Jika ditilik dari asal usulnya, martabak ternyata merupakan salah satu jajanan khas Bandung selain seblak dan surabi. Martabak asli Bandung biasanya memiliki karakter rasa manis yang sangat kuat karena diolah menggunakan susu kental manis, keju, dan mentega premium. Biasanya pedagang menggunakan mentega bermerk wisman. Itulah sebabnya muncul istilah martabak wisman, yang notabennya diambil dari nama sebuah produk makanan. Sama seperti surabi. Sejumlah pedagang juga mulai berkreasi membuat olahan martabak dengan berbagai pilihan rasa seperti, keju, kacang, pisang, kismis, Toblerone, Kitkat, Oreo, Nutella, dan masih banyak lagi.

#psnoviculinary . . #KALAP Jangan berdusta kalo kamu lagi mikiri martabak manis dengan topping melimpah πŸ™ˆ aku pun demikian, godaan terberat di malam hari, cusss langsung ke @martabak65a , legend of martabak! 🀣🀣🀣 paling suka dengan martabak pizza special 8 topping, cocok banget buat seluruh orang rumah yang punya favorite topping masing2 berbeda. Pakai wisman euy baru mantep! Menurutku ini worthy banget buat pecinta martabak dengan topping dan ukuran ruarrr biasa gini. Kalo kalian suka topping yang mana? Akoh Nutella! Biar tetep manis πŸ˜†πŸ€£ . πŸ• @martabak65a πŸ“ Ruko Elang Laut PIK Jakarta Utara πŸ“ Pecenongan 65A Jakarta Pusat πŸ’― Halal πŸ’° idr 260k . . . . . . . #kulinerjakarta #indonesianfood #foodies #foodie #igfood #foodporn #kuliner #anakjajan #goodfood #foodphotography #foodgasm #foodstagram #foodlover #foodforthought #streetfood #f52grams #tasty #dessert #kulinerbandung #beautifulcuisines ##luxurydining #martabak #martabakmanis #martabakbangka #martabakbandung #martabakpecenongan

A post shared by 🎯 Digital Marketer (@psnovi) on

Bandros

Seiring berkembangnya tren jajanan jadul, kuliner khas Bandung ini kembali digemari oleh para pencinta kuliner Nusantara. Pada awalnya, bandros hanya terbuat dari adonan tepung beras yang dicampurkan dengan kelapa parut, tanpa topping atau isian apa pun. Sekarang? Jangan ditanya lagi. Sudah banyak restoran atau kafe yang menjual bandros bercita rasa asin dan manis. Isiannya pun kini semakin beragam, mulai dari kornet, telur, oncom, dan ayam. Salah satu rekomendasi tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mencicipi kudapan ini adalah Hebab Bandros yang terletak di Jalan Japati, Bandung.

Makaroni

Salah satu jajanan yang lagi ngehits di Bandung adalah makaroni. Eits, tunggu dulu. Ini bukan olahan makaroni yang sering Anda temui saat mengunjungi restoran Italia. Melainkan makaroni kering yang diolah dengan cara digoreng sehingga memiliki tekstur kriuk dan renyah. Rasanya pun sangat bervariasi. Mulai dari yang super pedas hingga rasa BBQ.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini