Share

Mata Sering Berair? Hati-Hati Bisa Jadi Kamu Terkena Autoimun!

Firda Janati, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 25 481 1955220 mata-sering-berair-hati-hati-bisa-jadi-kamu-terkena-autoimun-sJ3GOL9tRD.jpg Mata Berair (Theralife)

MATA merupakan organ tubuh manusia yang paling sensitif. Bahkan, masalah kecil seperti kelilipan membuat mata terasa sakit, berair dan perasaan tidak nyaman.

Kelilipan memang menjadi salah satu penyebab kenapa mata Anda selalu berair. Selain kelilipan, terlalu lama berada di depan komputer, berkendara, mengupas bawang, menguap, atau tertawa terbahak-bahak juga menyebabkan mata berair.

Penyebab-penyebab tersebu merupakan hal yang wajar. Namun, bila terus-menerus mengalami mata berair bisa jadi ada gangguan pada mata Anda. Mengutip dari Boldsky, Selasa (25/9/2018), inilah penyebab mata terus berair.

 Baca juga: Jago Bahasa Inggris, Bocah Vietnam Ini Malah Tidak Bisa Bahasa Vietnam

Mata Kering

Sindrom mata kering

Sindrom mata kering adalah penyakit di mana jaringan mata menjadi sangat kering karena terlalu sering menggunakan gadget atau terkena debu. Hal ini memperngarui sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan air mata yang berlebih untuk mencegah keringnya jaringan mata. Sindrom mata kering biasanya ditandai dengan gejala iritasi, gatal, dan sering berkedip.

Mengonsumsi obat

 

Sebuah studi penelitian menemukan bahwa obat-obatan tertentu, seperti obat aergi (antihistamin), obat jerawat, antidepresan, obat Parkinson dapat menyebabkan kekeringan pada mata. Akibatnya merujuk kepada sekresi kelebihan air mata dari respon sistem kekebalan tubuh karena obat tersebut.

 Baca juga: Coba Deh 3 Inspirasi Resep Sarapan dari Chef Jamie Oliver

Penyakit autoimun

Penyakit ini menyerang sel-sel sehat dalam tubuh yang menyebabkan mata berair. Penyakit autoimun, seperti sindrom Sjogren mempengaruhi kelenjar yang mengeluarkan air dari mata. Sindrom Sjogren mempengaruhi sistem kekebalan tubuh yang menyerang kelenjar liur dan air mata. Sindrom ini membuat mata menjadi lebih kering, meradang, iritasi dan produksi air mata yang berlebih.

 Mata

Kelenjar air mata tersumbat

Mata manusia memiliki kelenjar (saluran kecil) yang menghasilkan air mata untuk menjaga mata tetap lembap dan sehat, serta berfungsi untuk membuang kotoran yang masuk ke dalam mata. Efek pousi, infeksi dari pemakaian kosmetik mata dapat membuat saluran air mata tersumbat. Mata menjadi lebih kering, iritasi, dan menyebabkan produksi cairan berlebih. Oleh karena itu mata Anda lebih sering berair.

Alergi

Beberapa orang yang alergi terharap debu, tungau, asap, serbuk sari, bulu hewan, dan alergi lainnya menyebabkan jaringan mata meradang dan mata berair. Alergi mata biasanya disertai dengan gejala seperti gatal dan kemerahan. Walaupun tidak semua orang mengalaminya.

 Baca juga: 5 Tips Liburan Hemat ke Lombok, Nomor 3 Paling Penting

Obat tetes mata

Sebagai obat untuk mengatasi berbagai kondisi mata seperti infeksi, mata kering, kemerahan biasanya oran menggunakan obat tetes mata untuk mengatasinya. Tetapi perlu diketahui bahwa obat tetes mata tertantu bisa menyebabkan reaksi negatif seperti peradangan dan mata terus berair.

Infeksi mata

Ketika mata terinfeksi oleh bakteri atau virus selain menyebabkan mata kemeragan, gatal, iritasi, mata juga mengalami kelebihan sekresi air mata. Jika tidak diobati tepat waktu, Anda akan terus mengalami mata berair.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini