Hindari 5 Hal Ini agar Flu Tidak Semakin Parah, Nomor 4 Banyak Diabaikan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 25 481 1955372 hindari-5-hal-ini-agar-flu-tidak-semakin-parah-nomor-4-banyak-diabaikan-OiCPYSGM3h.jpg Ilustrasi (Foto: 30 Seconds)

MUSIM pancaroba semakin terasa belakangan ini. Cuaca yang sangat panas tak jarang menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya flu.

Makanya, mungkin secara tidak sadar Anda mengalami masalah flu seperti badan lemas, tak berenergi, atau merasa tidak enak untuk melakukan apa pun. Hal ini bisa terjadi karena paparan matahari yang langsung menyengat tubuh. Tidak nyaman sama sekali.

Nah, kalau sudah flu, banyak yang menyarankan untuk segera melakukan tindakan pengobatan agar masalah tidak semakin berat. Istirahat yang cukup menjadi salah satu solusi yang bisa Anda terapkan.

Tapi, sadar atau tidak, ketika Anda flu, Anda kadang suka tidak memerdulikan masalah itu yang mana pada akhirnya masalah semakin parah. Seperti 5 hal ini yang kadang Anda acuhkan saat flu dan membuat penyembuhan menjadi lebih lama.

 BACA JUGA:

Jawaban Lucu Kevin 'Minions' Ketika Ditanya Kenapa Jomblo hingga Berapa Harga Tasnya

Olahraga berlebihan

Banyak orang percaya bahwa kalau sedang flu atau tidak enak badan, ada baiknya berolahraga. Hal ini berkaitan dengan keluarnya keringat dalam tubuh yang mana itu bisa meringankan beban penyakit.

Konsep ini ternyata salah! "Banyak orang yang pengin sembuh dengan keringetan banyak di tempat olahraga, ya, dengan asumsi toksin dalam tubuh pun ikut terbuang. Hal ini keliru ketika tubuh Anda sedang sakit. Yang ada malah Anda semakin lemas dan sakit malah lebih lama," kata Dr Emi Chiusano, MD, Area Medical Director di Med Express, seperti dikutip Okezone dari Bustle, Selasa (25/9/2018).

Enggak mau ke dokter

Memang tidak disarankan juga untuk masalah kecil pergi ke dokter. Tapi, ini juga perlu dipertegas bahwa kalau masalah kecil ini diikuti dengan gejala lain yang mungkin berisiko menyerang organ lainnya, apakah tetap berlaku pernyataan "Nggak usah ke dokter" itu?

Jika Anda merasa flu Anda sudah sangat menggangu aktivitas, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter. Hal ini berkaitan dengan mencari tahu apa yang sedang Anda rasakan dari kacamata medis. Dengan penanganan yang tepat tentunya bisa membuat tubuh Anda sehat lebih cepat.

 

Tidak peduli sudah berapa banyak air yang dikonsumsi

Ketika flu menyerang, maka yang mesti dilakukan adalah memastikan tubuh tidak dehidrasi. Hal sederhana yang bisa dilakukan tentunya dengan mengonsumsi air putih yang cukup dan jangan pernah malas untuk minum air ketika tenggorokan terasa sangat sakit. Dengan mengonsumsi air secara cukup juga bisa menjadi medium tubuh bagian dalam membuang bakteri atau virus yang ada di tubuh melalui air tersebut lewat urin.

Merasa sok kuat

Ini yang paling banyak dilakukan! Ya, saat flu, tak sedikit dari Anda yang kemudian abai dengan diri Anda sendiri. pandangan; "Jangan dirasa banget" mulai sekarang harus dibuang. Bagaimana pun tubuh Anda memberi sinyal kurang baik dengan tubuh panas atau sedikit meriang, dan tanda ini harus dihargai. Salah satu caranya dengan bersitirahat dan sadar untuk tidak terlalu aktif.

Merokok atau berada di sekitar perokok

Kita semua tahu bahwa merokok adalah kebiasaan yang membunuh. Nah, jika Anda flu, ada baiknya jangan memperburuk keadaan dengan merokok atau berada di sekitar perokok. Asap rokok yang Anda hirup akan memengaruhi kualitas pernapasan Anda yang sedang flu. Tidak mau kan malah tambah sesak atau malah memicu munculnya masalah lain?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini