nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengerikan, Inilah Stadium-Stadium Filariasis yang Wajib Anda Ketahui

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 September 2018 18:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 25 481 1955454 mengerikan-inilah-stadium-stadium-filariasis-yang-wajib-anda-ketahui-6GyTcXsxaD.jpg Nyamuk Alodokter (Foto: Alodokter)

MENDEKATI pergantian musim dari kemarau panjang menuju hujan, populasi nyamuk di Indonesia semakin meningkat. Tentu saja hal ini wajib diwaspadai oleh masyarakat Indonesia, pasalnya nyamuk bisa saja membawa virus maupun parasit yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

Bukan hanya penyakit malaria dan demam berdarah yang bisa di bawa oleh nyamuk, namun parasit dan bibit cacing filariasis juga turut dibawa nyamuk yang dapat mengakibatkan penyakit berbahaya seperti kaki gajah.

Tanpa disadari hampir setiap hari Anda pasti digigit oleh nyamuk. Namun, tidak ada yang mengetahui dengan jelas apakah nyamuk tersebut terinfeksi virus maupun parasit berbahaya di dalam tubuhnya. Anda pun tidak akan mengetahuinya dalam waktu dekat, namun lambat laun efek dari gigitan tersebut akan mulai timbul dan jika tidak diwaspadai sejak dini, maka filariasis akan berakhir dengan kecacatan seumur hidup.

Jangka waktu proses perkembangan filariasis akan sangat terlihat jelas selama lima tahun. Oleh sebab itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, Dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH, Dsc, meminta masyarakat untuk tanggap dan aktif apabila melihat sesuatu yang aneh terjadi pada dirinya.

Menurut Dr Jane, filariasis dapat diketahui sejak dini karena memiliki beberapa gejala yang dapat diamati dengan mata telanjang. Ia pun menjelaskan satu persatu mengenai berbagai tahap stadium filariasis dari mulai awal hingga menuju stadium akhir. Ia berharap dengan adanya pengetahuan tentang filariasis, masyarakat dapat lebih memahami dan bertindak cerdik, sebelum penyakit ini merusak kehidupan mereka.

Dr Jane menjelaskan stadium satu filariasis akan dideteksi dengan munculnya bengkak pada seluruh anggota tubuh dan akan hilang seketika pada pagi hari. Lipatan kulit pun menjadi tidak ada dan timbul pitting edema. Meski demikian kulit terasa masih halus dan normal pada stadium ini.

Lanjut ke stadium dua, ciri fisik sudah mulai terlihat jelas. Bengkak pada anggota tubuh tidak hilang ketika Anda bangun pagi. Lipatan kulit tetap tidak ada dan timbul pitting edema. Meskipun kulit terasa masih halus dan normal.

Stadium tiga filariasis ditandai dengan bengkak menetap, lipatan kulit dangkal, kulit halus dan dangkal dan non pitting edema .

Berlanjut ke stadium keempat, bengkak kian menjadi dan menetap di anggota tubuh yang sama, lipatan kulit dangkal dan muncul nodul atau benjolan-benjolan yang keluar dari kulit.

Stadium kelima bengkak semakin bertambah besar. Lipatan kulit pun semakin terlihat menjorok ke dalam. Benjolan atau nodul pun sudah semakin membesar dan terlihat sangat jelas.

Stadium keenam anggota tubuh Anda sudah menunjukkan gejala menuju tahap kronis, ditandai dengan bengkak menetap dan kian membesar dan menggelembung. Lipatan kulit pun semakin dalam dan yang paling mengerikan adalah kaki Anda sudah menunjukkan mossy foot yang memberikan kesan kaki seperti efek lumut.

Stadium ketujuh atau yang dianggap sebagai tahap akhir dari filariasis menunjukkan kondisi kaki Anda yang sudah menggembung besar seperti balon. Lipatan kulit pun sudah tidak beraturan, ada yang dalam maupun dangkal dengan bentuk mossy foot yang berlumut. Jika sudah mencapai tahap ini, penderita diyakini sudah tidak bisa melakukan kegiatannya sehari-hari.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini