nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Desain Rumah Apik di Ruang Sempit

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 26 September 2018 15:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 26 196 1955807 desain-rumah-apik-di-ruang-sempit-FxIxyXAbbS.jpg Ilustrasi ruang minimalis (Foto: Desain Interior )

ADA banyak pembaca, melalui komentar maupun pribadi, menanyakan soal desain rumah di lahan terbatas kisaran 3 x 10 m2 atau 3 x 9 m2.

Desain ini sudah pernah saya bahas sebelumnya, tetapi saya angkat kembali dengan harapan agar makin banyak yang memanfaatkan desain ini. Desain ini bisa disebut sebagai desain rumah mikro.

Menurut saya, desain dengan lahan sangat terbatas seperti ini cukup menantang untuk dirancang, mengingat saat ini lahan yang ada makin terbatas dan semakin banyak orang membeli lahan berukuran kecil supaya tetap bisa hidup di kota.

 Baca Juga: Viral, Video Wanita Muda di China Perintahkan sang Ibu Bersihkan Kaki yang Kotor

Kadang-kadang, ada juga mereka yang mendapatkan tanah warisan yang dibagi-bagi sehingga luasnya tidak terlalu besar. Desain kali ini merupakan jawaban atas kasus desain sangat terbatas sehingga cukup untuk keluarga muda yang belum memiliki anak atau sebagai contoh rumah sewa tipe mungil sederhana.

Memang kita tidak bisa mendapatkan banyak kamar dengan pendekatan ini, karena desain ini merupakan rumah dua lantai, tapi dengan struktur satu lantai. Plafon rumah mikro ini dibuat cukup tinggi, sekitar 4 meter, sehingga lantai bisa dibagi menjadi dua untuk sebagian ruangan pada bagian belakang.

Terdapat dak dari material besi dan kayu yang lebih murah dibandingkan dak beton. Sebuah ruang duduk merangkap ruang entertainment memiliki plafon yang lebih tinggi karena tidak dibuat lantai di atasnya.

 Baca Juga: Legging Seharga Rp588 Ribu Ini Buat Ribuan Orang Tertipu, Minat?

Keseluruhan desain rumah ini merupakan konsep rumah loft yang cukup banyak diterapkan dengan tujuan menghemat dana pembangunan. Demikian desain yang bisa saya haturkan, semoga bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini