Keseruan Chef Axhiang Masak Mi Laksa Khas Bangka Belitung

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 26 September 2018 15:55 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 26 298 1955885 keseruan-chef-axhiang-masak-mi-laksa-khas-bangka-belitung-QNd8HdfjSj.jpg Chef Axhiang (Foto: Dewi Kania)

LAMA tak terdengar kabarnya, Chef Axhiang ternyata masih eksis di dunia memasak. Dia sibuk demo masak sana-sini, seperti dalam sebuah perhelatan besar di ibu kota.

Menariknya, saat demo masak kali ini Chef asal Bangka Belitung itu meracik makanan khas kota kelahirannya. Chef Axhiang memasak Laksa Bangka Belitung.

"Saya cooking demo membawa masakan khas daerah asal. Kebetulan temanya harus mengangkat kuliner nusantara, maka saya memilih masak laksa dari Bangka Belitung," ujar dia di sela demo masak dalam perhelatan Chef Expo 2018 di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

 Baca Juga: Viral, Video Wanita Muda di China Perintahkan sang Ibu Bersihkan Kaki yang Kotor

Menurut dia, masakan laksa di Ibu Kota ini jarang terdengar. Karena umumnya laksa yang sering ditemui di warung yakni laksa dari Bogor atau Tangerang.

Sementara untuk laksa dari Bangka Belitung, ciri khasnya dimasak dengan bahan utama daging ikan tenggiri. Tentu rasanya nikmat dan mantap. Chef Axhiang ini menjelaskan, olahan laksa sebenarnya identik dengan mi yang disiram kuah kaldu ikan. Kuahnya lebih gurih dengan tambahan santan yang khas.

Perempuan jebolan MasterChef Indonesia Season 4 itu pun mengandalkan aneka rempah yang melezatkan makanan. Racikan berbagai jenis rempah memang menolong para juru masak untuk menciptakan masakan lezat.

"Untuk masak kuahnya, saya memakai bahan pokok dari rempah yang cukup banyak. Seperti bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, lada, kunyit, daun pandan, dan daun salam. Kuahnya jadi gurih, lezat dan beda banget," terangnya.

Lalu, untuk membuat dan merebus mi sampai matang, Chef 38 tahun itu mengandalkan tepung beras dan tapioka. Membuat mi-nya cukup mudah, yakni dengan menciptakan adonan mi sampai kalis, kemudian langsung direbus matang. Biar tidak lengket, mi tersebut harus segera disiram dengan air biasa yang mendidih.

Chef Axhiang mengatakan, memasak mi laksa ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Proses masaknya pun singkat dan bahan-bahan yang dibutuhkan tidak rumit. Dalam waktu kurang dari satu jam, Chef Axhiang menyelesaikan proses masak laksanya.

Baca Juga: Legging Seharga Rp588 Ribu Ini Buat Ribuan Orang Tertipu, Minat?

"Laksa ini bukan masakan susah, jadi enggak perlu trik khusus. Yang penting menguasai proses masak, mengenal aneka bumbu rempahnya untuk membuat kuahnya yang sedap," pungkas dia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini