nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hobi Ngemil Kue Kering? Yuk Intip 10 Variannya dari Seluruh Dunia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 26 298 1956008 hobi-ngemil-kue-kering-yuk-intip-10-variannya-dari-seluruh-dunia-FIFrVxdzl8.jpg Kue kering khas India (Foto: Timesofindia)

SEMUA orang tentu menyukai kue kering. Kudapan bercita rasa manis ini memang menyuguhkan sensasi rasa yang bisa bikin orang ketagihan. Bahkan ada yang mengatakan, bahwa mereka belum puas jika belum melahap habis seluruh kue yang ada di dalam toples.

Nah, berbicara soal kering, sejumlah negara ternyata memiliki sajian kue kering yang diolah sesuai dengan budaya dan ciri khas mereka masing-masing. Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, sebagaimana dilansir dari Times of India, Kamis (27/9/2018).

Nankhatai, India

Nankhatai merupakan kue kering khas India yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang menggugah selera. Untuk membuat hidangan ini, Anda hanya pelu mencampurkan tepung, garam, gula, dan mentega. Setelah itu, taburkan irisan buah kering sebagai toppingnya sebelum kue dipanggang. Nankhatai biasanya disajikan sebagai teman minum kopi atau teh.

kue kering

Vanillekipferl, Austria

Kalau Indonesia punya putri salju, Austria ternyata juga memiliki olahan kue berbentuk bulan sabit yang mereka namakan Vanillekipferl. Dibandingkan putri salju, kue ini memiliki tekstur yang lebih renyah dengan sensasi rasa gurih karena terbuat dari adonan yang telah dicampurkan bubuk vanila dan gula. Vanillekipferl umumnya disajikan pada Perayaan Natal.

kue kering

Reshteh Khoshkar, Iran

Kue tradisional asal Iran ini terbuat dari campuran tepung beras, gula, kapulaga, walnut, jahe, dan kayu manis. Setelh tercampur rata, adonan kemudian digoreng hingga matang, lalu disajikan dengan sirup cinnamon (kayu manis).

kue kering

Paprenjak, Kroasia

Varian kue unik selanjutnya adalah sajian paprenjak khas Kroasia. Keunikan ku ini terletak pada bentuknya yang menyerupai persegi panjang. Menurut pakar kuliner setempat, Paprenjak telah ada sejak era Rennaissance. Rasanya pun sangat unik karena terbuat dari campuran rempah-rempah seperti cengkeh, pala, kayu manis, dan lada hitam.

kue kering

Polvorosa, Kolombia

Polvorosa dianggap sebagai kue pernikahan khas Meksiko karena hanya disajikan pada perayaan tertentu dan festival-festival besar. Secara harfiah, Polvorosa memiliki arti debu, persis seperti rasanya. Kue ini terbuat dari mentega nabati, gula, garam, dan tepung serbaguna. Orang-orang Kolombia biasanya menyantap hidangan ini dengan secangkir kopi atau teh.

kue kering

Kourabiedes, Yunani

Kourabiedes adalah kue Natal khas Yunani yang memiliki tekstur lembut dan halus di bagian luarnya, tapi renyah di bagian dalamnya. Kue ini terbuat dari adonan mentega dan almon, lalu diberisa lapisan gula icing yang lezat dan menggugah selera.

kue kering

Kleicha, Irak

Masyarakat Irak merayakan bulan suci Ramadhan dengan sajian kue gulung yang mereka beri nama Kleicha. Kue ini berisi kurma manis dan menjadi menu utama untuk berbuka puasa.

kue kering

Anzac Biscuit, Australia

Kue ini terbuat dari tepung gandum, kelapa, tepung terigu, dan sirup. Sekilas, tampilannya menyerupai oatmeal cake dengan sensasi rasa manis yang menggugah selera. Saking populernya, pemerintah Australia menetapkan ANZAC day sebagai hari libur bersama.

kue kering

Alfajores, Argentina

Alfajores merupakan sajian kue kering dengan tekstur lembut dan mudah meleleh di mulut. Masyarakat Argentina sering menikmati kue tersebut sambil menyeruput secangkir kopi dan teh hangat. Usut punya usut, tekstur lembut kue ini berasal dari tepung jagung yang digunakan saat proses pengolahan berlangsung.

alfajores

Nanaimo Bars, Kanada

Sesuai dengan namanya, kue ini berasal dari kota Nanaimo, Kanada yang ditemukan pada tahun 1950-an. Nanaibo diolah tanpa melalui proses pemanggangan, namun ia memiliki banyak lapisan yang menyerupai kue wafer, kemudian disajikan dengan custard dan cokelat.

kue kering

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini