nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Festival Lawang Kota Tua Digelar Pertama Kali, Ternyata Sejarahnya Berkaitan dengan Jalan Tol

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Rabu 26 September 2018 21:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 26 406 1956087 festival-lawang-kota-tua-digelar-pertama-kali-ternyata-sejarahnya-berkaitan-dengan-jalan-tol-DHAMm3VX9I.jpg Foto (Instagram @kene_lawang)

MALANG - Event berskala besar akan berlangsung di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada 27 sampai 29 September 2018. Festival Lawang Kota Tua namanya. Siapa sangka, festival ini lahir dari ketakutan warga bila suatu saat pemerintah membangung jalan tol.

Alun-alun Lawang di Jalan Indrokilo, Kelurahan Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, terlihat ramai sore ini, Rabu (26/9/2018). Ada sebuah panggung besar, kios-kios, dan orang-orang sibuk hilir mudik, saling berkoordinasi. Besok di tempat ini akan berlangsung launching Festival Lawang Kota Tua untuk pertama kalinya.

Beragam kegiatan akan meramaikan Festival Lawang Kota Tua, mulai kesinian tradisional, kuliner, dan macam-macam lomba. Tujuannya tentu untuk menarik wisatawan dan memamerkan destinasi wisata di Lawang.

Festival Lawang Kota Tua merupakan momen yang dinanti-nanti warga sekitar. Maklum, selama ini festival serupa berlangsung hanya untuk tingkat kecamatan. Namun berkat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Pemda setempat, event ini berubah menjadi besar.

Tarmuji adalah orang di balik lahirnya Festival Lawang Kota Tua. Sekitar 6 tahun lalu, dia sudah berpikiran membuat event besar yang akan mengingatkan orang dengan Lawang. Ide tersebut lahir karena kekhawatirannya bila suata saat pemerintah membangun jalan tol yang menguhubungkan Surabaya ke Kota Malang atau Kota Batu.

"Lawang ini terkenal sebagai daerah macet, jadi saya percaya pemerintah pasti suatu saat membangun jalan tol mungkin dari Surabaya atau dari mana menuju pusat Kota Malang atau Kota Batu. Bila itu terjadi, tentu Lawang akan 'tenggelam', padahal di Lawang banyak sekali destinasi wisata. Maka dari itu, perlu ada festival yang mengingatkan orang dengan Lawang," terangnya.

Tarmuji pun bergerak. Festival-festival setingkat kecamatan ia gelar bersama warga, sembari mengumpulkan data-data untuk disampaikan ke pemerintah. Usahanya berbuah hasil, pemerintah mendengar dan akhirnya besok Festival Lawang Kota Tua akan launching.

Kekhawatirannya akhirnya terbukti. Pemerintah sudah merencanakan membangun jalan tol melintasi Kabupaten Malang pada 2017 lalu. "Nah sebelum jalan tol selesai dibuat, maka Lawang sebagai bagian daripada Kabupaten Malang, yang notabene sebagai pintu gerbang wisata untuk Kabupaten Malang bagian utara, harus buat event besar. Kalaupun nanti jalan tol sudah jadi, saya yakin dan percaya, baik wisman dan wisnu akan teringat dengan Festival Lawang Kota Tua," katanya optimis.

Lawang punya destinasi wisata alam dan buatan. Wisata alam di antaranya sumber air Krabyakan, kebun teh Wonosari yang punya kaitan dengan sejarah kolonial, wisata tekstil, dan kolam pemandian yang sudah ada sejak zaman Belanda. Ada pula wisata kekinian Paralayang, wisata edukasi flora.

"Banyak sekali sebenarnya potensi wisata di sini, baik yang sudah berkembang, yang baru muncul, dan yang sudah mandiri. Mandiri dalam arti tidak tergantung pada subsidi pemerintah," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini