3 Manfaat Kacang Kedelai untuk Perempuan, Salah Satunya Atasi Nyeri PMS

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 26 September 2018 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 26 481 1955863 3-manfaat-kacang-kedelai-untuk-perempuan-salah-satunya-atasi-nyeri-pms-UGvDpnrqq4.jpg Kedelai bisa atasi nyeri saat PMS (Foto:ist)

 

HAMPIR setiap perempuan mengalami pre menstrual syndrome (PMS) setiap bulannya bila sedang tidak dalam kondisi hamil. Kondisi yang biasanya terjadi menjelang menstruasi itu bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Sebut saja payudara menjadi lebih sensitif, kram perut, hingga perubahan suasana hati yang terjadi dengan cepat.

Beberapa penelitian mengatakan bila ketidaknyamanan saat PMS dapat diringankan dengan mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan antioksidan. Begitu juga dengan biji-bijian seperti kacang kedelai. Menurut ahli gizi Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS, kacang kedelai mengandung isoflavon.

"Isoflavon itu antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas itu diawali dengan inflamasi atau peradangan yang mengakibatkan sakit. Kalau enggak salah, ada beberapa penelitian yang mengatakan konsumsi kedelai dapat mengurangi gejala PMS sehingga tidak mengalami rasa sakit berlebihan," tutur Prof Made kepada Okezone, Selasa, 24 September 2018.

Ditemui di sela-sela acara pembukaan pabrik salah satu produk bar protein di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur, ahli yang berasal dari Institut Pertanian Bogor itu mengatakan isoflavon juga memberikan manfaat lain kepada perempuan. Senyawa yang terkandung dalam fitoestrogen itu dapat membantu meredakan gejala menopause.

Seperti yang diketahui, ketika memasuki masa menopause, biasanya perempuan akan mengalami gejala-gejala yang membuatnya tidak nyaman seperti hot flashes (rasa panas atau berkeringat di malam hari), gangguan tidur, kekurangan energi, dan depresi. Hal ini dikarenakan berkurangnya produksi hormon estrogen di dalam tubuh. Dengan bantuan fitoestrogen yang merupakan estrogen alamiah dari tumbuh-tumbuhan maka dapat membantu mengurangi gejalanya.

(Baca Juga: Legging Seharga Rp588 Ribu Ini Buat Ribuan Orang Tertipu, Minat?)

(Viral, Video Wanita Muda Perintahkan sang Ibu Bersihkan Kaki yang Kotor)

 

(Baca Juga: Suara Merdu Malea Emma Tjandrawidjaja Memikat Hati Ibrahimovic)

"Hasil penelitian menyatakan hot flashes dapat menurun 50-65% karena produk olahan kedelai. Oleh karenanya perempuan disarankan mengonsumsi paling tidak 2 porsi kedelai dan olahannya atau setara 50 mg agar memasuki masa menopause tanpa gejala kesakitan," jelas Prof Made.

Selain itu, konsumsi kacang kedelai ternyata juga dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga 14%. Terbukti angka kematian kanker payudara di negara Asia lebih rendah bila dibandingkan dengan negara Amerika karena memiliki budaya konsumsi kedelai. Salah satu penyebab kanker payudara adalah hormonal dan sekali lagi, kacang kedelai merupakan fitoestrogen yang berkaitan dengan hormon.

"Pada perempuan sehat konsumsi kedelai dapat menurunkan risiko kanker payudara. Maka disarankan mulai mengonsumsi produk olahan kedelai semenjak masa pubertas," pungkas Prof Made.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini