nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Terlihat Pintar di Depan Lawan Bicara? Coba Lakukan Ini!

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 16:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 27 196 1956311 ingin-terlihat-pintar-di-depan-lawan-bicara-coba-lakukan-ini-2UjL7tFxmq.jpg Karier (Shutterstock)

PERNAHKAH Anda menggunakan kata-kata yang tinggi agar terkesan pintar di depan teman-teman atau mungkin di depan seseorang yang sedang Anda incar? Para peneliti telah mendokumentasikan tentang hal ini, bagaimana orang mencoba tampil lebih pintar atau menggunakan kriteria untuk menilai apakah orang lain pintar.

Orang-orang kebanyakan tahu, sadar atau tidak sadar, bahwa orang lain membentuk kesan mereka setelah sekilas atau melalui percakapan singkat. Kebanyakan orang juga memberikan kesan yang bagus untuk membuat orang lain menilai diri mereka baik.

Berikut ini adalah tips dari studi dan pakar untuk membuat Anda terlihat lebih pintar, seperti yang telah dilansir Okezone dari ReadersDigest, Kamis (27/9/2018).

 Baca juga: Fakta di Balik Penyakit Kaki Gajah dari Aman Berhubungan Seks hingga Donor Darah!

Karier

1. Gunakan kacamata

Menurut sebuah survei oleh College of Optometists yang berbasis di Inggris, 43% orang berpikir bahwa kacamata membuat seseorang terlihat lebih pintar, dan 40% orang menganggap memakai kacamata dengan lensa bening dapat membuat seseorang terlihat lebih pintar.

“Banyak orang menganggap bijaksana karena pekerjaan-pekerjaan seperti profesor dan hakim lebih sering memakai kacamata. Jadi, setiap isyarat yang terkait dengan kepintaran seperti buku tebal, pidato yang lancar, bahkan uban sekalipun bisa menimbulkan kesan cerdas,” kata Wojciszke, yang mengajar di Universitas Ilmu Sosial dan Kemanusiaan di Sopot, Polandia.

2. Untuk pria, coba katakan sebuah lelucon

Sebuah studi Perancis yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Reports menemukan bahwa wanita yang mendengar pria menceritakan lelucon lucu mempercayai bahwa pria tersebut lebih pintar dan lebih menarik daripada pria yang berbicara tentang topik-topik serius.

“Orang yang memiliki selera humor yang baik menunjukkan kecerdasan yang sangat tinggi. Jadi pria dapat menggunakan humor untuk mengisyaratkan kecerdasan mereka,” ujar Wojciszke.

 Baca juga: Lagi Tren, Begini Gaya Rambut Vas Bunga, Berani Coba?

3. Duduk dan berdiri dengan tegak

 

Duduk dan berdiri dengan tegak bukan hanya dapat memperbaiki postur tubuh Anda. Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2007, beberapa mahasiswa pascasarjana direkam untuk mencoba tampil cerdas, dan siswa lainnya menonton video kemudian menilai kecerdasan dirasakan dari subyek. Salah satu perilaku yang para siswa nilai lebih cerdas adalah yang duduk dengan tegak karena terkesan memiliki IQ yang tinggi.

4. Berjalan dengan kecepatan normal

Menurut sebuah studi tahun 2006 yang dipimpin oleh profesor pemasaran Boston University Carey Morewedge, berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat dapat membuat Anda dinilai kurang cerdas. Peneliti menemukan bahwa pejalan kaki yang lebih lambat dan lebih cepat tampak kurang cerdas dibandingkan mereka yang berjalan dengan kecepatan normal.

 Baca juga: Nyeleneh, Menu Ini Terbuat dari Mi Instan! Dari Es Doger hingga Mi Goreng Kopi

Karier

5. Tatap mata lawan bicara

Jika seseorang melihat Anda saat berbicara, Anda cenderung berpikir bahwa dia lebih pintar. Para peneliti di Brandeis University di Massachusetts menemukan bahwa para pembicara yang mempertahankan kontak mata dinilai lebih memiliki IQ yang tinggi daripada mereka yang menghindari tatapan mata seseorang ketika sedang berbicara.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini