Ingin Anak Kamu Bisa Tidur di Kamar Gelap? Ini Caranya!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 27 196 1956391 ingin-anak-kamu-bisa-tidur-di-kamar-gelap-ini-caranya-vuSGVtyU28.jpg Anak Tidur Gelap (Alamy)

APAKAH Moms punya anak yang tidurnya dalam keadaan kamar terang? Jika iya, maka tulisan ini menjadi solusinya.

Kita tahu bersama bahwa tidur dalam kondisi gelap adalah kondisi paling baik. Sebab, dalam kondisi gelap ini, tubuh manusia akan lebih merasa tenang dan lebih penting lagi, hormon melatonin manusia bekerja hanya saat ruangan gelap.

Hormon ini memiliki peranan yang cukup penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu, dengan hormon melatonin yang baik di dalam tubuh, Anda tentunya akan merasa jauh lebih sehat dan bahagia saat bangun tidur. Nah, kalau hormon ini tidak tercipta dengan baik, bagaimana bisa mendapatkan manfaat tersebut?

 Baca juga: 5 Pria yang Diklaim Paling 'Kuat' di Amerika, Siapa Saja?

Anak Tidur

Maka dari itu, Dokter Spesialis Anak Dr. Margaret K, SpA, menyarankan untuk setiap orangtua memastikan kamar anak sudah gelap saat dia tertidur. Tapi, ini bukan hal mudah. Beberapa anak akan mengeluhkan takut berlebih ketika lampu kamar mati. So, apa yang kemudian harus dilakukan orangtua?

Dr Margaret menjelaskan bahwa cara yang tepat untuk membiasakan si anak tidur dalam kondisi gelap itu adalah mengajarinya secara bertahap kondisi tidur ini. "Nggak bisa orangtua langsung matiin lampu dan minta si anak tidur, yang ada si anak bakal insomnia dan merasa takut terus," tegasnya saat ditemui Okezone belum lama ini.

 Baca juga: Legging Seharga Rp588 Ribu Ini Buat Ribuan Orang Tertipu, Minat?

Dia menyarankan untuk orangtua memulai memasangkan lampu tidur yang warnanya hangat atau temaram. Hal ini setidaknya menurunkan jumlah cahaya yang terpapar si anak saat tidur. Usahakan juga untuk memilih lampu tidur bareng si kecil. Jadi, saat proses pembelajaran dimulai, si anak merasa bahagia dan terlibat dalam keputusan ini.

Hal yang kemudian harus diperhatikan adalah pastikan sumber cahayanya ini tidak terlalu dekat dengan tempat tidur si anak. "Kalau lampu tidurnya terlalu dekat dengan badan si anak, paparan cahaya temaramnya juga berdampak tidak baik untuk tubuh si anak. Jadi, usahakan penempatan lampunya jauh dari jangkauan anak dan ini juga memungkinkan paparan cahayanya semakin minim," ungkap dr Margaret.

Bayi tidur (Shutterstock)

 Baca juga: Penisnya Putus aat Disunat, Bocah Ini Dapat Uang Rp471 Miliar

Selanjutnya, sambung dr Margaret, kalau memang si anak sudah terbiasa dengan ruangan temaram saat tidur, Anda bisa menaikan lagi levelnya dengan tidur dalam kondisi gelap gulita atau tidak ada cahaya sama sekali di kamar si anak saat tidur.

"Rasanya ini bukan hal sulit lagi ketika si anak sudah terbiasa tidur dalam kamar temaram. Kembali, Anda mesti memastikan bahwa si anak bisa dengab kondisi tersebut dan jangan lupa juga jelaskan manfaat dari tidur dalam gelap supaya si anak memahaminya dengan jelas kenapa dia harus bobo di kamar yang gelap," tambahnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini