nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Kulit Sayur dan Buah yang Punya Manfaat Tak Terduga

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 09:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 27 298 1956189 7-kulit-sayur-dan-buah-yang-punya-manfaat-tak-terduga-NPrpSygZaE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAYURAN dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang kerap dikonsumsi manusia setiap harinya. Tidak hanya menyehatkan, buah dan sayur memiliki serat yang tinggi untuk membentuk sistem pencernaan manusia.

Seringkali Anda mengupas sayur dan buah sebelum mengolahnya ke dalam menu makanan Anda. Lantas ke mana kah kulit buah dan sayuran tersebut Anda buang?

Nah, bagi kalian yang kerap membuang begitu saja kulit buah, maka ada baiknya untuk tidak melakukan hal tersebut setelah membaca artikel ini. Nyatanya kulit buah dan sayuran tertentu, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Kulit buah dan sayuran apa sajakah itu? Melansir dari Times of India, Kamis (27/9/2018), Okezone akan membahasnya satu per satu. Yuk disimak.

Baca Juga: Legging Seharga Rp588 Ribu Ini Buat Ribuan Orang Tertipu, Minat?

1. Kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi daripada buah lain. Campurkan pasta yogurt, madu dan kulit jeruk, blender semuanya hingga halus. Aplikasikan ramuan ini pada kulit yang bersih dan kering. Diamkan selama 15 hingga 20 menit.

2. Kulit tomat

Tomat dikemas dengan antioksidan yang membantu menghilangkan noda dari kulit. Cukup oleskan kulit tomat di wajah Anda setiap hari selama seminggu untuk hasil maksimal. Mereka juga bersifat asam dan ini bisa menjadi pembersih kulit yang hebat.

3. Kulit lobak

Kulit lobak penuh dengan Vitamin B6 dan sangat bagus untuk mengatasi noda pada kulit. Haluskan kulitnya dengan sedikit madu dan oleskan pada kulit Anda secara teratur.

4. Kulit kentang

Campurkan kulit kentang dengan menambahkan 1 sdm air ke dalamnya. Gosok kulit kentang di seluruh wajah Anda. Gunakan campuran ini pada wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Gunakan sekali atau dua kali seminggu untuk mencerahkan kulit Anda.

5. Kulit pepaya

Menggosok kulit pepaya langsung pada kulit dapat membantu dalam pengelupasan kulit. Kulit pepaya dapat menghilangkan sel-sel mati dari kulit dan membuatnya kencang. Pepaya kaya vitamin C, dan memiliki sifat anti-penuaan.

6. Kulit lemon

Padukan kulit lemon dan madu, sampai menjadi pasta halus. Oleskan pasta pada kulit yang bersih, dan biarkan selama setengah jam. Ramuan ini bagus untuk menyembuhkan warna kulit dan warna cokelat kemerahan yang tidak diinginkan karena lemon bertindak sebagai zat pemutih yang hebat.

7. Kulit pare

Kulit pare kaya akan vitamin C dan anti-oksidan. Ini bisa menjadi ramuan anti-penuaan yang hebat dan mampu melawan jerawat.

8. Kulit pisang

Pisang kaya akan vitamin B dan A yang menjadikannya tonik kulit yang sempurna. Hancurkan kulit pisang dan tambahkan kuning telur hingga menjadi pasta. Pijatlah dengan lembut di bagian wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. Ramuan ini berfungsi sebagai masker pengencangan kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini