nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisatawan Mancanegara Turun Pasca Gempa Lombok, Menpar Arief akan Roadshow ke 3 Negara

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 14:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 27 406 1956331 wisatawan-mancanegara-turun-pasca-gempa-lombok-menpar-arief-akan-roadshow-ke-3-negara-pYoqrmKcgt.jpg Menpar Arief (Kemenpar)

KEMENTERIAN Pariwisata telah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 17 juta wisatawan. Namun setelah terjadinya bencana gempa bumi yang melanda kawasan Lombok, Nusa Tenggara Barat, jumlah kunjungan wisman yang datang ke Tanah Air diprediksi menurun hingga 300 ribu orang.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan bahwa pihaknya telah meluncurkan sejumlah strategi khusus untuk menanggulanginya.

Selain membangun crisis center guna memulihkan dan membangun kembali destinasi-destinasi wisata Lombok yang terkena dampak bencana, Arief rencananya akan melakukan road show di Singapura, China dan India.

 Baca juga: Mengenal Sindrom Brugada yang Bisa Sebabkan Pria Asia Meninggal Mendadak

Menpar Arief

"Sampai Juli tercapai 9 juta wisman, dan kita dapat di Juli itu sendiri 1,5 juta. Kita akan keep 1,5 juta untuk 5 bulan mendatang. Jika dikalkulasikan, kita masih kurang 500 ribu wisman. Akhinya saya memutuskan untuk mengadakan road show di tiga negara," tutur Arief Yahya di sela-sela Rakornaspar hari ke-2, di Raffles Hotel, Kuningan, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Lebih lanjut Arief memaparkan, pada tanggal 3 Oktober mendatang ia akan memulai road show yang diawali dengan mengunjungi Singapura, lalu beralih ke Ghinq dan India. Strategi ini dinilainya cukup efektif untuk menggaet 500 ribu wisman agar target tahun 2018 dapat tercapai sepenuhnya.

 Baca juga: Olahraga seperti Apa yang Paling Banyak Bakar Kalori? Ini Kata Ahlinya!

"Lombok saya sudah hitung, kita kehilangan 100 ribu wisman dalam sebulan. Jadi kalau dihitung dari 6 Agustus hingga akhir tahun totalnya jadi 300 ribu wisman yang hilang," jelasnya.

 Menpar Arief

Untuk memulihkan industri pariwisata Lombok pasca gempa berskala 7,5 ritcher, Kementerian Pariwisata sebetulnya telah melaksanakan program pemulihan. Program ini terbagi menjadi 3 kategori yakni, program sumber daya manusia (SDM), destinasi, dan pemasaran.

 Baca juga: Periksa Organ Intim ke Dokter Kandungan, Perempuan Perlu Tahu 4 Hal Ini

"Kami sediakan program trauma healing agar warga Lombok cepat pulih dan bangkit dari musibah ini. Sementara untuk Industri kami telah bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk kembali memberdayakan perekonomian Lombok," tukas Arief.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini