nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Periksa Organ Intim ke Dokter Kandungan, Perempuan Perlu Tahu 4 Hal Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 11:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 27 481 1956239 periksa-organ-intim-ke-dokter-kandungan-perempuan-perlu-tahu-4-hal-ini-0lb3jUN9Np.jpg Ilustrasi (Foto: Insider)

APAKAH Anda berencana untuk mengunjungi dokter spesialis obstetri dan ginekologi (SpOG) untuk pemeriksaan organ intim? Jika iya, hal berikut ini wajib Anda ketahui!

Mengunjungi dokter SpOG untuk pertama kalinya dapat menjadi pengalaman yang sangat menegangkan bagi banyak perempuan. Sebab, di sana para perempuan diminta untuk seterbuka mungkin mengenai alat kelaminnya.

Tidak hanya berkata jujur, tapi Anda juga besar kemungkinan diminta untuk menanggalkan celana Anda untuk sebuah tujuan pemeriksaan. Hal semacam ini tentunya menjadi ketakutan tersendiri bagi sebagian perempuan.

Dilansir Okezone dari Elite Daily, Kamis (27/9/2018), sebagian perempuan merasa kurang percaya diri ketika harus menceritakan lebih dalam mengenai Miss V-nya, sekali pun kepada sesama perempuan. Hal semacam itu dianggap sangat sensitif.

Tapi, kalau Anda memang mesti mengunjungi dokter SpOG untuk keperluan pemeriksaan kesehatan, maka mau tidak mau pikiran takut dan risih itu mesti dibuang. Terlebih, ada 4 hal yang biasanya dilakukan di dalam ruang pemeriksaan yang mungkin Anda pikir paling menyeramkan.

Seperti yang dijelaskan Crystal Bowe, MD, MPH, seorang dokter keluarga yang tinggal di Carolina Utara, untuk mencari tahu apa bagimana kondisi sesungguhnya dari seorang pasien baru dari pemeriksaan ginekologi, maka mereka harus jujur.

"Ketika Anda mengunjungi ginekologi pertama kali, adalah normal untuk menjadi gugup, tetapi Anda harus tetap santai karena kunjungan tidak akan seburuk yang Anda pikirkan," kata Dr. Bowe kepada Elite Daily.

Hal pertama yang mesti diingat bahwa Anda tidak perlu melakukan apa pun yang tidak Anda sukai. Juga, ingat bahwa dokter Anda adalah seorang profesional terlatih dengan lebih dari satu dekade pengalaman sebelum mereka melihat pasien pertama mereka.

Bowe melanjutkan, para dokter ini juga telah mendengar dan melihat banyak kasus sebelum Anda. Jadi, Anda tidak perlu merasa tidak nyaman atau malu dengan pertanyaan atau masalah apa pun yang Anda alami.

Nah, 4 hal apa sih yang biasanya dilakukan di ruang pemeriksaan?

1. Diminta untuk melepaskan celana

Dr Bowe menjelaskan bahwa salah satu tahapan yang mesti dilalui di ruang pemeriksaan adalah tes panggul. Nah, untuk melakukan tes ini dengan baik, maka Anda diminta untuk menanggalkan pakaian bagian bawah seluruhnya. Ya, Miss V dan bagian lainnya dari tubuh Anda akan dilihat dokter profesional.

periksa organ

2. Jujur kapan terakhir berhubungan seks

Berbicara seks dengan orang asing tentunya menjadi sangat aneh dan membuat Anda canggung. Tapi, Anda mesti ingat lagi bahwa orang yang Anda dengar ceritanya ini adalah dokter profesional. Mereka tidak akan membocorkan kisah seks Anda kepada orang lain.

Kejujuran mengenai seks ini juga menjadi landasan penilaian dokter terhadap masalah yang mungkin Anda alami. So, jangan malu buat bercerita, ya.

3. Akan dilakukan pengecekan panggul

Salah satu prosedur yang bakal dilakukan adalah dokter akan memasukan spekulum ke dalam Miss V untuk melihat bagaimana kondisi rahim Anda.

"Jika ada sesuatu yang menyakitkan, pastikan untuk memberi tahu dokter Anda, karena mereka dapat menyesuaikan spekulum untuk mencoba dan membuat Anda lebih nyaman. Ujian akan berlangsung tidak lebih dari tiga hingga lima menit," terang Dr Bowe.

4. Jangan takut ketika dokter memeriksa Miss V Anda

Setelah spekulum dilepas, dokter mungkin melakukan pemeriksaan dengan jari-jari mereka untuk memalpasi rahim dan indung telur.

Ini mungkin terasa sedikit aneh, tetapi cobalah untuk tetap serileks mungkin. Setelah pemeriksaan Anda selesai, dokter Anda harus dapat menjawab setiap pertanyaan, komentar, atau kekhawatiran Anda mengenai kesehatan reproduksi Anda - dan kemudian Anda bisa pulang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini