nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Dikira Kerasukan Makhluk Halus, Kenali Gejala Gangguan Jiwa Skizofrenia

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Kamis 27 September 2018 17:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 27 481 1956344 sering-dikira-kerasukan-makhluk-halus-kenali-gejala-gangguan-jiwa-skizofrenia-a9496OjyFb.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

SKIZOFRENIA, gangguan jiwa berat yang rentan menyerang usia 15-35 tahun. Perilaku sosial yang tertutup dan perubahan pola tidur merupakan gejala awal yang biasanya mulai berkembang pada usia remaja. Sayangnya gejala-gejala tersebut hanya dianggap sebagai perubahan tingkah laku remaja sehingga cenderung diacuhkan.

Belum diketahui penyebab gangguan jiwa ini, yang jelas faktor lingkungan dan genetik berperan dalam pembentukan kondisi ini. Di Tanah Air, penyakit ini mungkin masih terdengar asing dan kerap dikaitkan dengan hal gaib, seperti kerasukan makhluk halus.

Karena itu, penderita tidak mendapat pengobatan yang seharusnya dan banyak yang berakhir dipasung. Padahal, jika cepat terdiagnosis, maka makin cepat pula masalah kesehatan jiwa ini ditangani dengan peluang sembuh yang juga besar sehingga penderitanya bisa kembali hidup secara normal.

Ketua Pusat Kebijakan Pembiayaan Manajemen Asuransi Kesehatan (KP-MAK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Diah Ayu Puspandari menuturkan skizofrenia paling banyak ditemukan pada orang dengan usia produktif.

“Karenanya, apabila penyakit ini tidak ditatalaksana dengan baik, akan banyak sekali biaya kesehatan yang harus dikeluarkan keluarga maupun negara,” katanya.

pria depresi

Forum Southeast Asia (SEA) Mental Health Forum 2018 di Jakarta, yang berlangsung di Jakarta pada 30-31 Agustus 2018 lalu, dimaksudkan untuk saling berbagi pembelajaran dan mengembangkan strategi untuk mengatasi kesenjangan dalam manajemen kesehatan mental di negara-negara Asia Tenggara.

Diselenggarakan oleh Johnson & Johnson, lebih dari 150 peserta yang berasal dari kalangan dari bisnis, pemerintah, organisasi internasional, masyarakat sipil, akademisi dan media akan berpartisipasi dalam forum yang bertemakan “Mewujudkan kepedulian bersama untuk pengobatan Skizofrenia”.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini