nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Aktivitas Rumah Tangga yang Tanpa Anda Sadari Adalah Meditasi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 04:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 09 27 481 1956610 5-aktivitas-rumah-tangga-yang-tanpa-anda-sadari-adalah-meditasi-aRQ07BdxT5.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENDENGAR kata meditasi, biasanya kita langsung tertuju pada aktivitas yang hanya duduk, memejamkan mata, dan menenangkan pikiran. Oleh karenanya orang-orang banyak yang merasa sulit untuk menyediakan waktu khusus bermeditasi.

Padahal, memiliki waktu tersendiri untuk merasa damai dan tenang cukup penting bagi tubuh dan pikiran manusia. Masyarakat, terlebih kaum urban kerap terburu-buru dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Padahal, tanpa mereka sadari ada beberapa rutinitas yang mereka lakukan termasuk dalam meditasi, dilansir Okezone dari laman Elite Daily, Jumat (28/9/2018), berikut kegiatan rumah tangga yang menjadi bagian dari meditasi.

Baca Juga: Legging Seharga Rp588 Ribu Ini Buat Ribuan Orang Tertipu, Minat?

1. Mencuci piring kotor

Tanpa kamu duga sebelumnya, ternyata mencuci piring adalah salah satu meditasi yang bisa dilakukan di rumah. Seorang terapi perkawinan dan keluarga yang berlisensi, yaitu Gabrielle Freire mengatakan, meditasi yang dia lakukan itu mudah salah satunya saat mencuci piring.

Gerakan melingkar yang dilakukan di atas piring, lambat, mudah, dan memiliki irama. Suhu air hingga gelembung-gelembung busa membuat santai selama tugas yang membosankan.

2. Minum secangkir kopi

Dr. Jodi Ashbrook pendiri dan CEO dari organisasi kesehatan perusahaan Zen Leader, mengatakan kopi pagi dapat dengan mudah dianggap sebagai bentuk meditasi, tanpa perlu berbaring di atas karpet yoga dalam keheningan total tanpa gangguan.

Cobalah untuk duduk dengan cangkir kopi hangat di tangan, hirup aromanya, dan sesapi dengan sepenuh hati tiap tegukan, dan bersihkan pikiran dari hal-hal negatif.

Baca Juga: 5 Potret Bayi Surinala Anak Kesayangan Chicco Jerikho-Putri Marino, Mana yang Paling Imut?

3. Mengajak anjing jalan-jalan

Anjing tidak hanya mampu menjadi sahabat manusia. Tapi, menurut Sarah Moe, pendiri dan Pembina kesehatan di platform pelatihan bisnis Flauk, mengatakan anjing dapat membantu Anda bermeditasi.

“Saat berjalan bersama anjing, jangan berbicara di telepon atau dengarkan music, cukup rasakan tanah yang Anda jejaki, dan dengarkan suara napas anjing Anda. Sesekali, biarkan mereka menikmati suasana lingkungan sekitar, Anda pun bisa menghirup udara dengan menarik napas, menghayati hembusan angin yang lembut,” ujarnya.

4. Mandi

 

Mandi pun dapat menjadi bentuk meditasi. Saat mandi, taruh sabun dan bersihkan tubuh sambil menutup mata. Rasakan kulit, setiap tonjolan pada tubuh, tulang, dan lengkungan pada tubuh. Ambil napas dalam-dalam dan cium wangi sabunnya. Jangan biarkan pikiran memikirkan hal-hal lain, tapi tenanglah.

5. Membuat makan malam

Meluangkan waktu untuk menyiapkan makanan rumahan bisa menjadi meditasi. Caranya tentu sederhana dan tidak pernah Anda kira sebelumnya, seperti gejolak air mendidih, menghayati aroma bumbu, dan suara desisan masakan.

Selain itu, ketika makan jangan makan di depan tv, laptop, atau hp, tapi nikmatilah setiap gigitan dan kunyah sehalus mungkin sebelum menelan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini