nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadist, Refleksi dan Doa saat Terjadi Gempa

Jum'at 28 September 2018 19:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 28 196 1957107 hadist-refleksi-dan-doa-saat-terjadi-gempa-pbsGRSaKln.jpg

GEMPA dalam Bahasa Arab adalah zalzalah, bahkan diabadikan menjadi nama salah satu surat dalam Alquran. Surat Az-zalzalah yang isinya menggambarkan betapa dahsyatnya goncangan bumi saat kiamat terjadi.

Makin seringnya terjadi gempa di negeri ini mengingatkan kita pada hadits Rasululllah shallallahu ‘alaihi wasallam tentang tanda-tanda kiamat. Salah satunya adalah semakin banyak gempa bumi terjadi belakangan ini.

Dalam kitab sahih Bukhori dan Muslim ada beberapa penjelasan terkait fenomena gempa bumi. Menurut penjelasan Nabi bahwa banyaknya gempa bumi adalah bagian dari tanda-tanda kiamat.

Dalam catatan sejarah Rasulullah SAW disebutkan bahwa pernah terjadi beberapa kali gempa besar. Saat itu Rasulullah bersabda bahwa gempa itu datang untuk mengingatkan kita, Kemudian Beliau berdoa;

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي شَامِنَا وَفِي يَمَنِنَا

Ya Allah berkatilah Syam kami dan Yaman kami.

Tentu Kita boleh menggantinya dengan ungkapan seperti dalam doa Rasullullah saw ini dengan misalnya, Ya Allah berkatilah kampung kami dan negara kami dan sebagainya.

Nah, sementara ada pula ajaran dari para ulama' yang kami kutip dari situs resmi NU online bahwa saat terjadi gempa hendaknya membaca do'a berikut...

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ

Allahumma innii as’aluka khoirohaa, wa khoiromaa fiihaa wa khoiro maa arsalta bih, wa a’udzubika min syarrihaa wasyarri maa fiihaa wa syarri maa arsalta bih.

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan."

Doa di atas adalah potongan hadis nabi, dengan status hasan, walaupun sebenarnya doa tersebut tidak terkait langsung dengan gempa. Namun boleh-boleh saja digunakan dalam situasi apapun. Selama subtansi teks dan niat kita untuk memohon keselamatan kepada Allah.

Oleh: Fauzan Amin, S.THI

Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia (ISQH)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini