nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Coba Cara Ini untuk Tingkatkan Kemampuan Berbicara dan Berbahasa Anak

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 12:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 28 481 1956784 moms-coba-cara-ini-untuk-tingkatkan-kemampuan-berbicara-dan-berbahasa-anak-vvvJSYXSpP.jpg Ilustrasi (Foto: Mirror)

ORANGTUA mana yang tidak ingin anaknya bertumbuh dan berkembang sesuai tahapan serta usianya. Untuk mewujudkan hal itu, orangtua perlu turut serta mengajarkan anaknya. Salah satu hal perlu diajarkan adalah kemampuan berbahasa. Entah itu berbicara maupun menyusun kata.

Banyak ahli yang menyarankan agar orangtua sesering mungkin mengajak anak mereka berbicara. Kegiatan itu dapat merangsang kemampuan anak dalam hal kata-kata. Namun ada ahli yang menemukan cara lain dan diklaim lebih efektif. Cara itu adalah mengajarkan anak untuk bermain instrumen seperti piano.

Konon, anak yang berlatih instrumen selama paling tidak selama 6 bulan akan lebih unggul dalam keahlian mendeteksi berbagai suara yang membentuk bahasa. Instrumen membantu anak memahami percakapan dan nada. Keterampilan bahasa mereka meningkat karena kemampuan kognitifnya.

Penelitian yang dilakukan di China itu menyatakan anak-anak yang les piano memiliki kemampuan lebih baik untuk membaca dan berkata-kata dengan suara vokal. Hal itu terjadi lantaran adanya pengaruh terhadap IQ, memori kerja, dan perhatian. Tak sampai di situ, anak-anak yang bermain piano juga lebih baik dalam membedakan antara kata-kata yang berbeda dan menunjukkan respon yang lebih baik terhadap deteksi nada.

anak belajar

Akan tetapi, memainkan instrumen bukan semata-mata menjadi jalan pintas untuk meningkatkan kecerdasan berbahasa anak. Mereka tetap harus distimulasi dengan sering diajak berbicara. Hanya saja pelatihan musik awal dapat mengembangan daerah otak yang mendeteksi perbedaan nada.

Suara memang menjadi sangat penting. Terutama pada masyarakat tertentu yang pengucapan katanya mengandalkan perbedaan nada. Di masyarakat tertentu ada kata-kata yang sama namun bila diucapkan dengan nada tertentu maknanya menjadi berbeda. Hal ini membuat otak harus melacak dan menginterpretasikan perubahan nada lalu secara bersamaan menguraikan konsonan serta vokal yang digunakan, kata-kata yang dibentuk, dan cara menggabungkannya menjadi frasa.

Demikian seperti yang dilansir Okezone dari Mirror, Jumat (28/9/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini