nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lezat, Tapi Ayam Pedas Berlevel & Martabak Super Manis Berisiko Penyakit Jantung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 13:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 28 481 1956814 lezat-tapi-ayam-pedas-berlevel-martabak-super-manis-berisiko-penyakit-jantung-bC4w6UUA7S.jpg Makanan pemicu penyakit jantung (Foto:Ist)

PENYAKIT jantung menjadi masalah kesehatan yang paling menakutkan di negara ini. Terbukti dari data BPJS mengenai biaya kesehatan penyakit ini angkanya sudah mencapai 9 triliun!

Lebih lanjut lagi, menurut data WHO pada 2015, sebanyak 70% kematian di dunia dikarenakan karena penyakit tidak menular dan dari persentasi tersebut, 45% atau 17,7 juta jiwa adalah penderita masalah jantung dan pembuluh darah.

Fakta menyedihkan lainnya adalah penderita masalah ini kini sudah mulai menyerang usia di bawah 50 tahun. Alasan utamanya adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Banyak aspek yang bisa menilai pola hidup masyarakat sekarang memburuk, salah satunya asupan makanan.

 Diundang ke Istana Merdeka, Agnez Mo Lahap Santap Tumis Pepaya & Bakwan Jagung

Anda bisa lihat sendiri, kini semakin banyak jenis makanan yang tidak lagi bersifat junk food, tapi overdosis. Hal ini ternyata memiliki dampak secara tidak langsung sengan faktor risiko masalah jantung.

Dijelaskan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr. Bambang Dwiputra, SpJP, beberapa makanan yang bisa mengarahkan Anda pada peningkatan faktor risiko kini banyak Anda konsumsi. Sebut saja ayam dengan tingkat kepedasan yang beragam, martabak 5 rasa, atau mie instant dengan varian rasa.

"Makanan-makanan ini yang kemudian membuay faktor risiko masalah penyakit jantung semakin tinggi dan banyak dari masyarakat yang tidak menyadarinya," kata dr Bambang saat diwawancarai Okezone di Kementerian Kesehatan, Jumat (28/9/2018).

 

Dr Bambang melanjutkan, makanan-makanan tersebut mungkin dianggap hits atau terkenal. Jadi, kalau tidak dicoba, kemudian masyarakat merasa kurang update. Padahal, dari makanan itu, faktor risiko penyakit jantung muncul di tubuh Anda. "Ya, tentunya dengan jumlah yang berlebih dan dikonsumsi secara rutin. Lagipula, Anda makan 2 potong martabak manis itu, Anda juga pasti tetap makan nasi dan lauk pauk kan? Tuh hitung sendiri berapa kalorinya," sambungnya.

Nah, dr Bambang juga menjelaskan bagaimana makanan tersebut berkaitan dengan penyakit jantung. Mulai dari ayam pedas dengan tingat level. "Ini memang langsung berdampak pada maag atau lambung, tapi karena ayamnya ini digoreng dan kita tahu kalau makanan pedas itu berminyak, kalau berlebihan tentu akan memengaruhi kolesterol Anda," kata dia.

 Intip 5 Gaya Hijab Denira Wiraguna, Perempuan yang Dikabarkan Dekat dengan Kevin Sanjaya

Lalu, bagaimana dengan martabak 5 rasa? Menurut dr Bambang, ini berkaitan dengan rasa manis yang mana mengandung gula super tinggi. Gula ini yang kemudian memengaruhi faktor risiko diabetes dan kalau sudah kena diabetes, jika tidak dikontrol, tegas dr Bambang, ya, Anda bisa terserang penyakit jantung koroner juga.

Kemudian, untuk mie instan varian rasa, ini berkaitan dengan kadar garam yanh terkandung di dalamnya. Garam berlebih membuat tekanan darah tidak stabil, kalau sudah begitu, risiko penyakit jantung akan semakin tinggi.

"Saya bisa jelaskan di sini bahwa sebetulnya Anda bisa mencegah penyakit jantung ini, ya, tentunya dengan mengatur asupan makan. Tapi pertanyaannya sekarang, Anda bisa membatasi diri dari godaan makanan yang enak-enak itu? Semua kembali ke diri Anda," tambah dr Bambang.

 

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini