nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yakin Mandi Kamu Sudah Bersih? Simak Cara-Cara Bersihkan Bagian-Bagian Tubuh Ini!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 14:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 28 481 1956865 yakin-mandi-kamu-sudah-bersih-simak-cara-cara-bersihkan-bagian-bagian-tubuh-ini-OjM1ozmIkK.jpg Mandi (Shutterstock)

MANDI salah satu cara paling mudah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Oleh karena itu mandi menjadi kebutuhan manusia sejak dahulu.

Meskipun secara intensitas mandi sudah dilakukan secara teratur, tetap saja ada bagian tubuh tertentu yang tidak dicuci dengan cara yang benar. Mulai dari tangan, pusar, kulit kepala dan lainnya menjadi daerah yang sering dibersihkan.

Nah, daripada sering mandi namun sia-sia karena kurang bersih. Ada baiknya untuk mengetahui cara membersihkan bagian-bagian tubuh dengan tepat saat mandi. Menyitat Indiatimes, Jumat (28/9/2018), berikut di bawah ini paparan singkatnya.

 Baca juga: Stasiun Kereta Berumur 1 Abad Ini Akan Disulap Jadi Tempat Halloween, Berani Masuk?

Mandi (Shutterstock)

Tangan

Sebagai salah satu area tubuh yang paling menjadi media terpaparnya bakteri dan kuman, membersihkan bagian tangan dengan tepat penting untuk dilakukan. Cara yang benar untuk membersihkan tangan ialah, bukan hanya soal pemakaian sabun anti-bakteri namun juga pastikan kita membasahi tangan secara menyeluruh setidaknya selama 20 detik, antara jari, ujung jari, telapak tangan, punggung tangan.

Wajah

Sabun pencuci muka yang mahal sudah menjamin kebersihan wajah? Belum tentu! Percuma saja jika proses mencuci wajah dilakukan dengan cara yang salah. Cara yang tepat adalah dengan menggunakan sabun pencuci wajah berjenis ringan (mild) dan gunakan tangan untuk membuat busa tipis dengan gerakan melingkar. Cuci muka dan tepuk-tepuk kering dengan handuk lembut yang kering, dan hindari melakukan eksfoliasi setiap hari.

 Baca juga: Ternyata Anggapan Wanita Seorang Multitasking Itu Salah!

Gigi

Menyikat gigi yang tepat disebutkan dengan cara memegang sikat gigi dengan posisi sudut 45 derajat terhadap gigi dan menyikat gigi dengan gerakan melingkar, tanpa menggosok-gosok gusi dengan kasar. Cobalah menyikat seluruh sudut secara menyeluruh dalam gerakan ini. Hindari memilih sikat gigi yang punya bulu sikat kasar.

  (Bravo tv)

Kuping

Metode benar untuk membersihkan bagian telinga, pertama-tama bagian dalam telinga tidak perlu dibersihkan sebab bagian ini mampu membersihkan dirinya sendiri. Untuk bagian luar, bersihkan sisi telinga, belakang telinga dengan tekanan lembut, dan hindari bagian dalam.

 Baca juga: Tak Hanya Olahraga dan Jaga Pola Makan, Diet Ternyata Butuh Pikiran yang Memotivasi!

Kulit kepala

Saat keramas, kebanyakan orang terlalu fokus hanya pada rambut dan mengabaikan kebersihan kulit kepala. Jika memiliki rambut tebal, pastikan membuang kumpulan-kumpulan rambut dan bersihkan kulit kepala dengan sampo yang ringan, lalu bilas sampai bersih. Jika perlu, bisa juga menggunakan rinsing pad.

Pusar

Masih bingung cara membersihkan kotoran menumpuk di lubang pusar? Cara yang tepat mudah saja kok, cuci pusar menggunakan air hangat dan sabun. Saat membersihkan pusar, jangan gunakan jari tangan langsung tapi gunakanlah kapas yang lembut.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini