nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Dukung Program Jokowi dengan Berantas Epidemik 'Manusia Kerdil'

Firda Janati, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 22:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 28 481 1956924 yuk-dukung-program-jokowi-dengan-berantas-epidemik-manusia-kerdil-sBNchORgg1.jpg Kegiatan Posyandu (Foto: Ist)

UNTUK memastikan Indonesia bebas dari epidemik manusia kerdil, diperlukan peran serta dari seluruh unsur masyarakat. Hal itu ditegaskan oleh Teddy Yulianto, Ketua Yayasan Teddy Yulianto.

Teddy mengatakan, keterlibatan masyarakat merupakan bentuk dukungan terhadap program Presiden Joko Widodo yaitu Program Makanan Tambahan (PTM).

Karena memandang penting dan perlunya keterlibatan dalam pengentasan persoalan ini, yayasan ini bersama dengan kader-kader posyandu di Kelurahan Pesanggrahan dan Kelurahan Pondok Labu, menjalankan amanah Presiden Jokowi, yaitu terus mengkampanyekan pentingnya mengkonsumsi asupan makanan bergizi lokal.

“Ada beberapa program pemerintah yang dilaksanakan Senin (24/9/2018) kemarin, salah satunya pemberian vaksinasi ORI 3 yang dilakukan secara serentak di beberapa kelurahan, seperti di Nangka II, Pondok Labu. Anak-anak yang datang ke RPTRA, posyandu ditimbang badannya, diukur tingginya, dan mendapatkan vaksinasi ORI 3, serta membawa pulang makanan tambahan,” kata Teddy, belum lama ini.

Sebagai informasi, posyindu adalah suatu layanan atau kegiatan yang dipelopori oleh masyarakat secara swadaya dan diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat, khususnya dalam kesehatan dan tumbuh kembang anak.

Lanjut Teddy, informasi mengenai pengaruh gizi terhadap tumbuh kembangnya otak anak sangat penting untuk diketahui oleh seluruh anggota keluarga, terutama para orangtua.

Katanya, kemajuan bangsa tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri, tapi harus dilaksanakan bersama-sama. “Prinsip ini dianut oleh posyindu atau posyando, yaitu dari masyarakat untuk masyarakat,” imbuhnya.

Tidak hanya pelayanan pemberian vaksinisasi ORI 3 saja, ungkap Teddy, setiap dua minggu sekali para kader posyindu dan posyandu juga memasak berbagai makanan bergizi untuk disajikan kepada masyarakat.

“Setiap anak-anak yang datang, akan ditimbang badannya, diukur tingginya, dan diberi vaksinasi. Jika diketahui berat badan anak itu terlalu ringan, maka akan mendapatkan penanganan khusus.

Ketua Posyandu Nangka II Pondok Labu Lismi mengatakan, anak yang sedang sakit flu tidak boleh diberikan vaksinasi ORI 3. Dia menyarankan, jika ada masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi ORI 3 maka harus ke rumah sakit untuk mendapatkannya.

PMT merupakan salah satu program pendukung Presiden Jokowi untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, agar mampu bersaing dengan bangsa lain.

Ketua Posyindu Kelurahan Pesanggrahan Nursiyah pada Senin (24/9), pihaknya memberikan goodybag yang berisi biskuit dan susu untuk anak-anak yang datang. Sedangkan, RPTRA Puspita yang berada di RT 05 RW 03 Pesanggrahan mengatakan posyandu di tempatnya menyediakan telur dan tahu yang ditaburi keju.

Titi Hartati mengatakan, meski setiap kelurahan menyediakan PMT yang berbeda-beda, tapi tetap berpegangan pada arahan dari pemerintah, seperti cara memasak dan mengemas makanan dengan baik dan rapih

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini