nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bikin Risih, Begini Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 09 28 481 1956933 bikin-risih-begini-cara-menghilangkan-jerawat-di-punggung-nE4S0oXpMo.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JERAWAT merupakan masalah kulit yang terbilang menjengkelkan. Terlebih jerawat tidak hanya muncul di wajah tetapi juga di bagian tubuh lain seperti punggung. Seperti pada umumnya, jerawat di punggung terjadi karena pori-pori tersumbat oleh kotoran atau minyak. Jerawat juga bisa disebabkan oleh faktor genetik, obat-obatan tertentu, dan hormon.

Pada jerawat punggung, penyebabnya bisa karena menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Hal itu membuat keringat terperangkap dan pada akhirnya menyebarkan bakteri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat punggung. Mulai dari perubahan gaya hidup sederhana hingga pengobatan.

Melansir Mirror, Jumat (28/9/2018), cara pertama yang bisa dilakukan adalah usahakan untuk selalu mandi sehabis berolahraga. Keringat dan kotoran yang dibiarkan begitu saja dapat berkontribusi besar terhadap jerawat. Mandi dapat membantu menghilangkan kotoran. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci pakaian olahraga.

 (Baca Juga:Kenali Manfaat dan Risiko Minum Air Alkali untuk Kesehatan)

Cara kedua adalah melakukan eksfoliasi dengan cara mengoleskan scrub pengelupas di bagian punggung yang berjerawat. Produk ini dapat menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit sehingga meminimalisir tersumbatnya pori-pori.

Ketiga, gunakan pakaian yang lebih longgar agar kotoran dan keringat tidak terjebak. Dengan begitu kulit bisa bernafas dan membantu menghilangkan keringat serta mencegah penyumbatan pada pori-pori.

 

Selanjutnya konsumsilah makanan sehat karena dapat memengaruhi tubuh dengan berbagai cara. Makanan seperti roti putih, pasta putih, dan kentang dapat menyebabkan kadar gula darah naik dan memperburuk kondisi jerawat. Makanan yang bisa dikonsumsi antara lain buah-buahan, protein tanpa lemak, dan sayuran.

 (Baca Juga:Diet untuk Penderita Jantung Koroner, Seperti Apa?)

Kelima, jauhkan sentuhan langsung dari rambut ke punggung. Rambu dapat menyebabkan jerawat karena menambahkan minyak dan kotoran ke kulit di punggung. Jangan lupa pula untuk mencuci rambut secara teratur. Hanya saja usahakan tidak membiarkan aliran air bilasan sampo dan kondisioner mengering begitu saja di kulit karena dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Selain cara-cara di atas, beberapa pengobatan juga berfungsi untuk mengatasi jerawat di punggung. Sebut saja perawatan topikal dengan menggunakan gel, krim, dan losion. Produk yang mengandung benzoil peroksida juga berfungsi sebagai antiseptik dan mengurangi bakteri pada kulit.

Selain itu, retinoid dapat digunakan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sedangkan antibiotik topikal berfungsi membunuh bakteri pada kulit yang dapat menginfeksi pori-pori tersumbat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini