nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Lupa Ingatan Setelah Minum Alkohol, Ini Alasannya

Leonardus Selwyn, Jurnalis · Jum'at 28 September 2018 18:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 09 28 481 1956935 sering-lupa-ingatan-setelah-minum-alkohol-ini-alasannya-D8HGBSv1Wh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAGI sebagian masyarakat mengonsumsi minuman beralkohol merupakan sebuah hal yang menyenangkan. Biasanya mereka melakukan hal-hal tersebut saat berkumpul bersama atau di pesta-pesta malam.

Terkadang mengonsumsi alkohol bisa membuat semangat Anda bertambah dan merupakan berbagai macam masalah untuk sementara. Namun, bagaimana dengan efek jangka panjangnya? Ya, berbagai macam kerugian dapat Anda alami jika rutin mengonsumsi minuman berbahaya yang satu ini.

Salah satu hal yang akan terjadi pada diri Anda adalah kehilangan ingatan. Sebagaimana diketahui Alkohol memang dapat merusak memori manusia secara perlahan. Pingsan setelah mengonsumsi alkohol juga menyebabkan banyak dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Intip 5 Gaya Hijab Denira Wiraguna, Perempuan yang Dikabarkan Dekat dengan Kevin Sanjaya

Hilangnya memori dapat menyebabkan penyakit serius atau cedera yang akan membuat seseorang tidak memiliki akal untuk membuat keputusan dan merasa hilang kendali. Alhasil orang yang mabuk biasanya lebih rentan mengalami parah tulang atau kecelakaan.

Sebagaimana dilansir dari Times of India, Jumat (28/9/2018), Alkohol akan menciptakan semacam celah dalam memori yang mempertahankan bagian otak.

Kadar alkohol dalam darah akan mendorong otak untuk mematikan dan menghitamkan proses merekam atau menyimpan memori apapun. Oleh karena itu otak yang tidak melakukan tugasnya dengan baik, maka tidak akan mampu mengingat apa pun pada keesokan harinya.

Baca Juga: 7 Fakta Film Porno yang Tak Perlu Anda Tiru, Itu Semua Cuma Akting!

Penyebab utama bahan dalam minuman beralkohol menjadi berbahaya adalah campuran etanol yang ada di dalamnya. Jika zat ini dikonsumsi dalam rentang waktu yang cepat maka akan menimbulkan efek yang buruk, apalagi Anda mabuk dalam kondisi perut yang kosong.

Setelah beberapa jam bereaksi, alkohol akan masuk ke dalam darah dan menyebabkan pengaruh langsung pada kerja otak dengan mempengaruhi hippocampus, yang mengendalikan emosi dan kemampuan mengingat.

Namun, tidak semua efek alkohol membawa hal negatif bagi Anda. Alkohol diyakini dapat melepaskan tingkat dopamin dan serotonin yang tinggi dan membuat Anda merasa bahagia dan bersemangat tinggi sebelum Anda pingsan.

Pemadaman sistem kerja ingatan tidak menyebabkan kerusakan permanen pada otak tetapi sementara menyebabkan otak berhenti melakukan pekerjaan retensi ingatannya. Mengonsumsi alkohol akan membuat seseorang kehilangan konsentrasi dan memperlambat tubuh.

Alhasil bagi Anda yang merupakan peminum, penting untuk mempertimbangkan mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang. Pemadaman otak yang terlalu sering akan menyebabkan masalah jantung, ingatan dan bisa menghancurkan fungsi hati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini