Ini Alasan Kebanyakan Tukang Pangkas Rambut Berasal dari Garut

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Minggu 30 September 2018 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 29 194 1957507 ini-alasan-kebanyakan-tukang-pangkas-rambut-berasal-dari-garut-hyibYpCp5V.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BUKAN hanya kaum Hawa saja yang senang untuk merawat dan mendandani rambutnya dengan sedemikian rupa agar tampak cantik, para kaum lelaki pun juga perlu untuk merawat dan memotong rambut mereka supaya tetap tampak rapi dan juga menarik. Bahkan kini, model potongan rambut pria pun sudah beraneka ragam.

Tempat pangkas rambut pria memang sudah banyak sekali di mana-mana. Fasilitasnya pun sudah bermacam-macam mulai dari yang memiliki fasilitas biasa-biasa saja hingga disertai fasilitas seperti ac dan televisi.

Namun, pernahkah Anda memperhatikan, kebanyakan dari tukang pangkas rambut ini rata-rata berasal dari Garut? Terutama yang bertuliskan "Asgar" yang merupakan singkatan dari "Asli Garut". Dan pernahkah Anda bertanya-tanya, mengapa kebanyakan dari mereka berasal dari Garut? Apakah pekerjaan menjadi tukang cukur sudah menjadi sebuah warisan turun-temurun di Garut?

Menurut Ali, seorang pemangkas rambut asli asal Garut yang telah ditemui Okezone di salah satu barbershop di daerah Jakarta Timur, pekerjaan sebagai pemangkas rambut memang turun-temurun di keluarganya.

 (Baca Juga:Mengenal Dreadlocks, Gaya Rambut yang Identik dengan Bob Marley)

“Kalau keluarga saya sih memang pekerjaannya rata-rata tukang cukur. Kakak dan bapak saya juga seorang tukang cukur rambut,” kata Ali.

Meskipun demikian, sebenarnya pekerjaan ini tetaplah sebuah pilihan dari orang itu sendiri. Tentu, bukan berarti semua orang garut memilih profesi sebagai tukang cukur rambut untuk ditekuni. Ali sendiri mengaku, ia memilih pekerjaan sebagai tukang pangkas rambut karena terampil dalam hal tersebut.

“Dari pas SMA dulu liatin bapak suka potongin rambut orang, terus pingin nyobain aja, dan diajarin sama bapak caranya motong dan mijit kepala,” lanjutnya.

 (Baca Juga:Ingin Potong Rambut? Cari Tahu Dulu Model yang Cocok dengan Bentuk Wajah)

Ali sendiri sudah bekerja menjadi pencukur rambut sejak kurang lebih 4 tahun yang lalu. Ia mengaku memilih profesi ini sebagai pekerjaan yang ia tekuni karena ia ingin meneruskan bisnis sang ayah yang membuka barbershop tersebut.

Kemudian bagi Ali sendiri, mencukur rambut seseorang bukanlah pekerjaan yang mudah dan sembarangan. Memotong rambut seseorang tentunya harus memiliki keterampilan yang khusus. Kemudian pekerjaan sebagai pemangkas rambut adalah salah satu bentuk seni menurutnya.

“Kan ada yang minta dipotongnya model macam-macam. Ya menurut saya, itu salah satu bentuk seni sih,” ujarnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini