Mitos Rambut Masih Dipercaya hingga Kini, Salah Satunya Gunting Ujung Rambut

Firda Janati, Jurnalis · Minggu 30 September 2018 00:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 29 194 1957510 mitos-rambut-masih-dipercaya-hingga-kini-salah-satunya-gunting-ujung-rambut-VoScPatiNG.jpg Mitos seputar rambut (Foto:Ist)

Bagi setiap orang rambut merupakan hal terpenting untuk menunjang penampilan. Berbagai macam perawatan rambut dijalani untuk mendapatkan rambut sesuai dengan keinginan. Beberapa orang bahkan melakukan hal-hal aneh yang dipercaya dapat merubah sesuatu pada rambutnya.

Semua orang di dunia ini memang memiliki kepercayaan pada suatu hal, misalnya pada mitos. Walaupun sekarang ada beberapa yang tidak percaya mitos, tetapi masih banyak orang yang menganggap bahwa mitos tersebut benar adanya. Dikutip Okezone dari berbagai sumber, Minggu (30/9/2018), berikut beberapa mitos tentang rambut yang masih sering dipercaya.

Mitos menyisir rambut terlalu sering dapat membuat rambut sehat dan berkilau

Selama ini, banyak orang percaya bahwa menyisir rambut terlalu sering dapat membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkilau. Untuk kamu yang percaya mitos ini, sebaiknya hentikan kebiasaan menyisir rambut terlalu sering. Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau kamu harus melakukan perawatan seperti menggunakan vitamin rambut. Menyisir rambut terlalu sering dapat merusak batang rambut dan membuat rambut rontok.

 

Mitos menggunting ujung rambut

Mitos yang satu ini juga masih sering dilakukan, terlebih pada wanita. Mereka sengaja menggunting ujung rambut dengan harapan dapat membuat rambutnya lebih tebal. Menggunting ujung rambut tidak ada kaitannya sama sekali terhadap pertumbuhan kedepannya. Daripada kamu mengguntingnya, mending kamu memakai produk perawatan rambut untuk membuatnya lebih tebal.

 

Uban muncul akibat stres

Rambut uban memang sering banget dikaitkan dengan mitos. Salah satunya adalah munculnya uban karena terlalu banyak stres. Munculnya uban dikarenakan melanosit dalam tubuh yang menghasilkan pgmen warna pada rambut kamu. Nah, rambut putih berarti menandakan bahwa melanosit dalam tubuh mulai berkurang. Jadi nggak ada kaitannya sama sekali dengan stres. Tetapi munculnya uban berkaitan dengan faktor genetik dan gaya hidup yang tidak sehat.

Mencabut uban dapat memperbanyak pertumbuhan uban

Masih tentang mitos uban, banyak orang percaya mitos mencabut uban dapat memperbanyak pertumbuhan sebanyak dua kali lipat. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa uban muncul karena berkurangnya melanosit dalam tubuh. Mencabut uban tidak akan memperbanyak pertumbuhannya, melainkan dapat memicu kerontokan karena terjadinya paksaan saat mencabut rambut.

Membakar rambut sehabis mimpi buruk

Mitos ini sepertinya yang paling aneh. Beberapa orang percaya bahwa membakar rambut sehabis mimpi buruk dapat mencegah mimpi buruknya menjadi kenyataan. Bukan semua rambut dibakar ya, tetapi hanya bagian ujung rambut saja. Dipikir-pikir sebenarnya nggak ada kaitannya sama sekali dengan mimpi, coba kamu bayangkan, jika setiap hari kamu mimpi buruk, apa yang akan terjadi dengan rambut kamu?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini