nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Latih Anak Kamu Berenang Sejak Bayi, Bahaya atau Tidak?

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Minggu 30 September 2018 19:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 09 30 481 1957716 latih-anak-kamu-berenang-sejak-bayi-bahaya-atau-tidak-fmS183QYOe.jpg Bayi Berenang (Aquamobileswim)

BELAKANGAN ini, banyak sekali selebriti-selebriti tanah air yang mengikutsertakan buah hati mereka untuk les berenang atau infant swim. Padahal, usia dari anak-anak mereka pun bahkan ada yang belum menginjak satu tahun.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, amankah kegiatan tersebut? Apa manfaatnya bagi anak?

Dilansir dari Healthline, Minggu (30/9/2018), sebuah studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di kolam membantu bayi menjadi lebih percaya diri dan cerdas. Berada di dalam air melibatkan tubuh mungil sang bayi menciptakan milyaran neuron baru dalam tubuhnya.

 Baca juga: Gurihnya Fillet Ayam Kriuk Dipadukan Tumis Buncis Telur untuk Menu Makan Kamu

Berenang

Banyak orang yang masih berpikir bahwa berenang membuat anak betah di dalam air dan meningkatkan resiko tenggelam. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Pada anak berusia 1 hingga 4 tahun, pelajaran berenang justru dapat secara signifikan mengurangi resiko anak tenggelam. Selain itu, bila Anda membiarkannya berenang dalam usia dini, gerakan lintas pola bilateral yang menggunakan kedua sisi tubuh anak justru membantu pertumbuhan otaknya.

Gerakan lintas pola ini membentuk neuron di seluruh otak, terutama di corpus callosum, yang berperan dalam komunikasi, feedback, dan modulasi dari satu sisi otak ke sisi lain. Hal ini baik untuk kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademis dan kesadaran spasial anak.

 Baca juga: Tonjolkan Motif Kearifan Lokal, Ini Keistimewaan Batik Banten

Saat berenang, bayi Anda menggerakkan lengan mereka sambil menendang. Gerakan ini membuat otak mereka mereaksi sentuhan air plus ketahanannya. Selain itu, berenang juga baik untuk pengalaman sosial buah hati Anda sehingga semakin meningkatkan kekuatan otaknya.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tenggelam adalah penyebab kematian di antara anak-anak dan balita. Jadi pembelajaran berenang sangat penting bagi anak-anak Anda. Bahkan, bayi termuda dapat diajarkan kemampuan keselamatan seperti mengambang di punggung mereka yang dapat membantu mereka sewaktu-waktu.

 Baca juga: Menkes Nila Kirim para Tenaga Medis dari Berbagai Daerah ke Palu

Kebanyakan kelas berenang bayi ni juga memasukkan unsur-unsur seperti bermain air, lagu, dan kontak kulit dengan orang tua atau pengasuh. Unsur-unsur ini sangatlah penting bagi bayi. Dalam sebuah penelitian di Jerman, anak-anak yang mengambil pelajaran berenang dari usia 2 bulan hingga 4 tahun lebih baik dalam beradaptasi dengan situasi baru, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, dan lebih mandiri.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini