nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Mengapa Kulit Kusam saat Penyembuhan Jerawat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 12:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 01 194 1957964 alasan-mengapa-kulit-kusam-saat-penyembuhan-jerawat-flA2R1uaoI.jpg Mengapa wajah kusam saat penyembuhan jerawat (Foto:Ist)

 

BANYAK perempuan sekarang yang ingin wajahnya terlihat putih bersih tanpa noda sedikit pun. Alhasil, perawatan dengan budget tebal pun rela dikeluarkan.

Tak sedikit dari perempuan juga yang akhirnya memercayakan produk "dokter" untuk bisa mencapai tujuan tersebut. Ya, tak sedikit juga yang memiliki wajah bagus berkat produk drugs store.

Untuk masalah kulit berjerawat, jika Anda datang ke dokter, tentunya masalah ini yang akan dituntaskan pertama. "Karena, bagaimana pun kulit harus dibersihkan terlebih dulu dari bakteri atau kotoran yang menempel di wajah, jerawat pun mesti dihilangkan," terang Dokter Kulit dr. Yessy Hartono, pada Okezone di acara Beauty Talk: Beauty Beyond Limits" di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

 4 Gaya Busana Panas Ina Thomas, Lagi Senang Pamer Perut!

Dr Yessy melanjutkan, kalau memang wajahnya berjerawat, maka Anda tidak bisa kemudian mendapatkan wajah cerah berbarengan. Sebab, penyembuhan jerawat memang fokus ada penghilangan bakteri jerawat itu sendiri.

Nah, hal ini yang kemudia membuat Anda merasa kulit wajahnya kusam atau tidak cerah. "Apalagi jika Anda sebelumnya menggunakan krim pemutih dan saat penyembuhan jerawat, pemakaian krim dihentikan. Hasilnya? Warna kulit wajah kembali ke tone aslinya," paparnya.

 

Jangan khawatir, sambung dr Yessy, itu memang proses yang mesti dilakukan. Kalau memang dokter kulit Anda sudah menyatakan wajah bebas dari jerawat dan sudah netral, maka Anda bisa lakukan treatment pencerahan kulit.

 Di Negara Ini, Kamu Bisa Tahu Perempuan yang Masih Perawan Hanya dengan Lihat Gaya Rambutnya!

"Tapi, kalau memang Anda belum siap dengan perubahan treatment secara langsung, bisa diseling-seling. Jadi, tetap pakai krim jerawat di Senin dan Kamis, sisanya krim pencerah," ujar dr Yessy.

Ada satu hal penting yang mesti Anda perhatikan dalam menjaga kulit yang sedang dalam proses penghilangan jerawat. "Pemakaian sunblock itu tetap wajib dan penting. Sebab, dengan menghilangkan sunblock dari daily routine Anda, ini juga yang membuat wajah Anda kusam bahkan cenderung menggelap. Pastikan sunblock yang tepat juga agar kulit tidak menjadi bermasalah," tambahnya.

Intinya, kalau memang Anda merasa wajah menjadi kusam saat perawatan penghilangan jerawat, jangan panik. "Proses itu akan berlalu dan jangan kemudian menyalahkan obat dokternya. Bagaimana pun, perawatan yang benar adalah mengatasi satu-satu masalah bukan sekaligus," ucap dr Yessy.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini