nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tanda Ini Tunjukkan Anda Seorang Psikopat

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 20:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 01 196 1958149 5-tanda-ini-tunjukkan-anda-seorang-psikopat-fDpQsdmxiN.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PERNAHKAH Anda mendengar istilah psikopat? Berbeda dengan orang gila yang tidak sadar dengan apa yang ia lakukan karena sudah kehilangan akalnya, para psikopat sadar dengan apa yang mereka lakukan. Namun, orang gila dengan orang yang psikopat memang sama-sama mengalami penyakit kejiwaan.

Robert Hare, seorang profesor psikologi di Universitas British Columbia mengatakan, bahwa di Amerika, orang psikopat telah mencapai angka 2 juta orang. Dilansir dari ReadersDigest, Senin (1/10/2018), berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa seseorang adalah psikopat:

1. Suka berbohong

Biasanya, seorang psikopat memiliki kecenderungan untuk berbohong. Kebohongan yang mereka katakan pun bukan sekedar kebohongan tanpa tujuan, melainkan mereka justru berbohong karena memiliki sebuah tujuan. Mereka biasanya berkata bohong untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri misalnya seperti membangun hubungan, mengendalikan pasangan, dan lain sebagainya.

 (Baca Juga:Seekor Anjing Laut Sambit Kayaker dengan Gurita Besar, Lucunya Sampai Viral!)

2. Berpikir bahwa mereka hebat

Psikopat biasanya menganggap diri mereka lebih baik dibandingkan dengan orang-orang di sekitar mereka. Hal ini bisa dilihat dari perilaku yang terlalu percaya diri, mendominasi sesuatu, atau bisa ditutupi oleh orang-orang yang diyakini para psikopat bermanfaat bagi keberhasilan mereka sendiri.

3. Cenderung temperamental

Para psikopat memang memiliki emosi yang cepat naik sehingga mereka sering marah secara berlebihan. Mereka juga tidak peduli siapa pun dan apa pun yang mereka lakukan ketika sedang marah. Dalam hal rumah tangga, Anda mungkin akan melihat para psikopat tidak segan-segan untuk melakukan kekerasan verbal maupun fisik ketika mereka marah.

 (Baca Juga:5 Cara Selamat di Tempat Kerja Baru, Jangan Malah Stres)

4. Mengalihkan empati

Psikopat tentu tidak akan peduli terhadap sesuatu yang terjadi pada orang lain. Meskipun diyakini bahwa psikopat tidak bisa berempati dengan seseorang, sebuah studi tahun 2013 mempelajari aktivitas otak dari berbagai pelaku psikopat kekerasan dan menemukan bahwa daerah otak yang terkait dengan penderitaan orang lain dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Hal ini menunjukkan bahwa para psikopat juga mampu merayu, memikat dan bahkan memanipulasi orang lain.

5. Cenderung bertindak tidak senonoh

Psikopat biasanya memiliki kemampuan untuk memikat korban tanpa membuat korban tersebut merasa curiga dengannya. Para psikopat dapat memancing korbannya untuk bisa tidur dengannya. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of London menunjukkan bahwa psikopat lebih terkait dengan pergaulan bebas dan tidak tertarik untuk berkomitmen. Mereka melakukan seks semata-mata hanya untuk memuaskan ego mereka sendiri.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini