Tak Cuma Kopi Instan, Ini 5 Bahan Makanan yang Bisa Terbakar Bila Tersulut Api

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 01 298 1957932 tak-cuma-kopi-instan-ini-5-bahan-makanan-yang-bisa-terbakar-bila-tersulut-api-YHLBBSf8bE.png Ilustrasi kopi sachet (Foto: Ist)

BEBERAPA hari ini masyarakat kembali dihebohkan dengan video bubuk kopi instan yang terbakar ketika disulut api. Pembuat video itu memperingatkan agar tidak lagi mengonsumsi kopi karena berbahaya. Namun benarkah demikian?

Kasus serupa sebenarnya pernah menjadi topik yang hangat beberapa tahun silam. Saat itu yang menjadi bahan uji coba adalah crackers atau biskuit tipis. Namun Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) menegaskan bila makanan tersebut tidak berbahaya. Penyebab terbakarnya karena ada kandungan senyawa karbon di dalamnya.

Berdasarkan informasi yang dikutip Okezone dari Strike First USA, Senin (1/10/2018), ada beberapa bahan makanan yang dapat dengan mudah terbakar karena kandungan di dalamnya. Berikut ini ulasannya :

 BACA JUGA:

Pamer Bokong Berlatar Destinasi Wisata Lagi Marak di Instagram

Non-dairy milk dan krimer


Produk non-dairy milk dan krimer merupakan produk yang mudah terbakar. Bentuknya yang berupa bubuk memiliki sifat pengapian yang sama seperti tepung dan gula. Biasanya di dalam produk juga terkandung sodium aluminosilikat yang dapat terbakar ketika terkena panas atau api. Seperti yang diketahui, kopi instan biasanya terdiri dari krimer sehingga tidak heran bila bisa terbakar.

Makanan ringan

Seperti yang dikatakan di awal, biskuit yang terbakar penyebabnya adalah kandungan karbon. Makanan ringan lainnya seperti keripik juga bisa terbakar karena merupakan makanan berlemak dan hidrokarbon. Keduanya memiliki sifat mudah terbakar.

 

Tepung


Bahan makanan bertepung seperti mie dan bihun adalah produk lain yang bisa terbakar. Tepung yang pada dasarnya berupa serbuk (partikel halus) dapat dengan mudah terbakar jika langsung disulut api. Penyebabnya karena tepung akan menjadi karbohidrat dan lebih eksplosif ketika tercampur dengan udara atau oksigen.

Minyak


Makanan yang mengandung minyak juga bisa sangat mudah terbakar. Produk seperti minyak goreng, minyak kacang, minyak safflower, minyak kedelai, minyak jagung, minyak zaitun, dan minyak biji wijen dapat mengeluarkan api bila dipanaskan dalam suhu yang terlalu tinggi. Oleh karenanya penting untuk mengetahui batas titik api pada minyak.

 

BACA JUGA:

Nekat Tunggangi Domba, Pria Berkutang Ini Kena Batunya

Bumbu dapur

Bahkan bahan makanan seperti bumbu dapur juga bisa terbakar, contohnya kayu manis. Bumbu yang satu ini mengandung cinnamaldehyde dan eugenol yang memiliki sifat mudah terbakar. Sama seperti tepung, kayu manis dapat menyebabkan ledakan jika terlalu banyak bercampur dengan udara. Lalu ada bawang putih yang mengandung banyak minyak. Bawang putih dapat terbakar dengan cepat saat terkena panas atau api.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini