Hari Kopi Internasional, Coffee Shop Masih Jadi Tempat Favorit Menyeruput Kopi

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 01 298 1958024 hari-kopi-internasional-coffee-shop-masih-jadi-tempat-favorit-menyeruput-kopi-EOIZQQ90ku.jpg Menyeruput kopi favorit masih di coffee shop (Foto:Shutterstock)

 

TAHUKAH Anda bila setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Internasional? Kopi merupakan salah satu minuman favorit bagi banyak orang. Ada yang senang meminumnya dalam kondisi panas, ada pula yang senang meminumnya dengan dicampur es batu.

Tingkat konsumsi di Indonesia sendiri mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir. Terbukti beberapa festival kopi selalu dipenuhi dengan pengunjung yang merasa tertarik untuk mengenal kopi lebih dalam. Banyak alasan orang senang mengonsumsi kopi. Mulai dari aromanya yang enak dihirup hingga rasanya yang otentik.

Terlebih beberapa penelitian mengatakan bila rutin meminum kopi dapat berdampak baik bagi kesehatan. Sebuah penelitian mengatakan minum kopi 2-3 cangkir perhari dapat menurunkan risiko diabetes tipe II, stroke, penyakit jantung, demensia, dan kanker tertentu. Kopi mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan polifenol yang ditemukan di kopi juga memiliki khasiat antikarsinogenik yang membantu mengurangi peradangan penyebab tumor.

 

Berdasarkan rilis yang diterima Okezone dari Moka, Senin (1/1/2018), ada beberapa jenis kopi yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Sebut saja Iced Coffee/Kopi Susu, Cappuccino, Latte, dan Americano. Rata-rata para konsumen mendapatkan kopi favoritnya dengan mengunjungi kedai kopi.

Bisa dilihat sekarang ini banyak orang yang senang menghabiskan waktu berjam-jam di kedai kopi. Entah itu untuk hanya sekadar berkumpul dengan teman, rapat dengan klien, atau menyelesaikan tugas yang dikejar deadline. Kondisi ini menjadi perhatian segelintir orang dan membuatnya tertarik untuk berbisnis kedai kopi.

Google Trends menemukan persentase orang-orang yang mencari kata kunci “kedai kopi” atau “coffee shop” di internet mengalami kenaikan dari 50% pada Agustus 2017 hingga mencapai 100% pada Agustus 2018. Beberapa kota yang paling banyak melakukan pencarian terkait coffee shop antara lain Bali, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Yogyakarta. Kebanyakan pelanggan melakukan transaksi pembelian kopi pada pukul 18.00-22.00 khususnya di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Sementara itu, menurut Google ada dua jenis kopi yang kualitasnya dianggap paling unggul dan populer di Tanah Air. Jenis kopi itu adalah Robusta dan Arabika. Keduanya dipercaya dapat meningkatkan cita rasa dan memiliki aroma yang unik.

 

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini