nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Bubuk Kopi Terbakar saat Disulut Api, BPOM: Produk Itu Aman

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 09:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 10 01 481 1957887 viral-bubuk-kopi-terbakar-saat-disulut-api-bpom-produk-itu-aman-Oktn4sc7MD.JPG Kopi Sachet Mudah Terbakar (Foto: Instagram)

Netizen dihebohkan dengan eksperimen bubuk kopi sachet bisa terbakar saat tersulut api. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun mengklarifikasi sekaligus memberikan penjelasan ilmiahnya.

Minuman serbuk gula komposisinya terdiri dari gula, krimer nabati dan kopi. Masyarakat tidak perlu resah, karena produk tersebut sudah memiliki izin edar BPOM saat mulai dijual di pasaran.

Memang, pada saat bubuk kopi itu disulut api efeknya bisa terbakar. Sebabnya ialah bukan mengandung plastik atau zat berbahaya lainnya, tetapi karena serbuk itu ringan dan berpartikel halus. Juga mengandung minyak dan memiliki kadar air yang rendah.

Dijelaskan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny K Lukito, umumnya produk pangan di pasaran yang dikemas mengandung atom karbon dan kadar air rendah. Maka ketika bentuknya tipis dan berpori dapat terbakar atau menyala jika disulut dengan api.

"Jadi tidak berarti produk kemasan seperti itu tidak aman dikonsumsi atau berbahaya. Masyarakat tidak perlu khawatir," tegasnya lewat keterangan pers yang diterima Okezone, Senin (1/10/2018).

Dia menyebutkan, banyak juga produk pangan kemasan lainnya yang mudah terbakar. Seperti terigu, kopi bubuk, kopi-krimer, merica bubuk, cabe bubuk, kopi instant, putih telur, susu bubuk, pati jagung, biji-bijian, hingga kentang.

Sebelum diedarkan di pasaran, sebut Penny, untuk dikonsumsi publik, produk tersebut sudah dievaluasi keamanan, mutu, dan gizi pangan. Masyarakat tak perlu khawatir dengan kualitasnya, apalagi mengada-ada informasi hoax.

"Kami lakukan evaluasi terhadap semua bahan yang dipakai untuk proses pembuatan pangan olahan tersebut," tambah dia.

Nah, jika terbukti aman, dalam produk kemasan pangan, biasanya ditandai dengan nomor izin edar BPOM yang tercantum pada label. Sebelum membelinya, masyarakat harus selalu cek terlebih dulu.

"Bila produk pangan sudah memiliki nomor izin edar BPOM, berarti produk tersebut aman untuk dikonsumsi masyarakat," terang Penny.

Penny mengingatkan, supaya masyarakat harus cerdas memilih produk pangan yang aman. Jangan terkecoh dengan hal yang tidak masuk akal. Seperti beredarnya video viral yang melibatkan kopi kemasan merek ternama itu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini