Penderita Kanker Payudara di Usia Muda Meningkat, Begini Cara Mencegahnya

Firda Janati, Jurnalis · Senin 01 Oktober 2018 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 01 481 1958053 penderita-kanker-payudara-di-usia-muda-meningkat-begini-cara-mencegahnya-IA5WPrtRTn.jpg Ilustrasi (Foto: Hindustantimes)

BANYAK orang tahu bahwa kanker leher rahim atau yang lebih dikenal dengan kanker serviks merupakan penyebab kematian yang terjadi pada wanita. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa selain kanker serviks, kanker payudara juga menjadi penyebab tertinggi kematian pada wanita. Menurut data Kesehatan Kementerian Kesehatan RI tahun 2008, penyakit ini menjadi urutan satu penyakit kanker rawat inap di seluruh RS di Indonesia.

Kanker payudara adalah suatu kondisi kesehatan yang ditandai dengan terjadinya pertumbuhan sel-sel abnormal secara tidak terkontrol, pertumbuhan ini terjadi pada kelenjar dan jaringan payudara. Sel tersebut dapat membelah diri secara cepat dan dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Walaupun penyakit ini menyerang wanita di atas usia 40 tahun, tidak menutup kemungkinan bahwa usia muda juga bisa berisiko terkena penyakit mematikan ini.

“Age Breast Cancer sekarang memang sudah meningkat, saya bertemu dengan pasien usia 18 tahun, 22 tahun sudah terkena penyakit kanker payudara. Dari keseluruhan penyakit kanker payudara 10 persennya terjadi pada usia muda. Memang sedikit, tetapi ini terus meningkat,” kata dr. Rachmawati, Sp. B (K) Onk, dokter spesialis bedah onkologi saat ditemui dalam diskusi media mengenai “Kanker Payudara”, di Jakarta Selatan belum lama ini.

 (Baca Juga:Berkunjung ke Jawa Timur, Intip Lahapnya Tamara Bleszynski Makan di Pinggir Jalan)

Jika dilihat dari jumlah persentasenya yang sedikit bukan berarti wanita muda bebas dari risiko penyakit kanker. Menurut dr Rachmawati, gaya hidup seperti makanan yang dikonsumsi serta aktivitas yang kurang menjadi salah satu faktor penyebab wanita di usia muda terkena penyakit kanker payudara.

“Karena pengaruh gaya hidup, banyak orang kurang gerak (olahraga), terlalu banyak duduk, pokoknya kurang aktivitas banget,” ucapnya

 (Baca Juga:5 Kelebihan Tersembunyi yang Jarang Disadari Para Introvert)

Gaya hidup memang sering dikaitkan dengan berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya adalah kanker payudara. Ubah gaya hidup Anda, lakukan olahraga minimal lima kali dalam seminggu selama 30 menit, jauhi merokok dan minuman beralkohol tinggi, serta mengonsumsi makanan sehat. Pilih makanan yang mengandung biji-bijian serealia utuh seperti gandum dan jagung.

Selain itu, untuk menyambut Breast Cancer Awareness Month pada bulan Oktober, seluruh masyarakat terutama wanita sebaiknya lebih memiliki kesadaran diri dan jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan payudara secara rutin setiap dua tahun sekali ketika telah memasuki usia 20 tahun.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini